Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Neurologi RSUD Mohammad Natsir

Susanty, Fitri Sari (2022) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Neurologi RSUD Mohammad Natsir. Masters thesis, Fakultas Kedokteran.

[img] Text (Abstrak)
cover dan abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf fix.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Tesis fulltext)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan kebutuhan dan keinginan setiap pasien. Kepuasan pasien berkaitan dengan mutu pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di poliklinik neurologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mohammad Natsir Solok. Kualitas pelayanan menurut Zeithaml dkk memiliki lima dimensi yaitu : Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Tangibles (bukti fisik), Empathy (empati) dan Responsiveness (ketanggapan) yang dikenal dengan SERVQUAL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan masing-masing dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien serta mengetahui dimensi yang paling mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data berupa analisis univariat, analisis bivariat dengan menggunakan chi square dan analisis multivariat dengan menggunakan regresi logistik berganda. Analisis univariat didapatkan kepuasan pasien secara umum terhadap kualitas pelayanan adalah 86% puas terhadap layanan. Analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dimensi reliability (p = 0,001), assurance (p = 0,001), tangibles (p = 0,009), empathy (p = 0,001) dan responsiveness (p = 0,001) dengan kepuasan pasien. Pada analisis multivariat didapatkan dimensi yang paling mempengaruhi kepuasan pasien di poliklinik neurologi RSUD Mohammad Natsir adalah dimensi responsivenes (OR = 73,635). Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, SERVQUAL Daftar Pustaka : (1999 – 2021)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Nur Afrainin Syah, M.Med, Ed, PhD
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:41
Last Modified: 31 Aug 2022 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111125

Actions (login required)

View Item View Item