ANALISIS PARTISIPASI PETERNAK DALAM PENGEMBANGAN USAHA SAPI POTONG PADA GAPOKTAN USAHA BERSAMA (Studi Kasus: Pada Kelompok Tani Ternak Budi Baiak dan Tunas Muda Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman )

SYARIF, HIDAYATULLAH (2014) ANALISIS PARTISIPASI PETERNAK DALAM PENGEMBANGAN USAHA SAPI POTONG PADA GAPOKTAN USAHA BERSAMA (Studi Kasus: Pada Kelompok Tani Ternak Budi Baiak dan Tunas Muda Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410301401th_skripsi fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman yang berlangsung selama 18 hari pada kelompok tani ternak Budi Baiak dan Tunas Muda, Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok tani ternak Budi Baiak dan Tunas Muda,Penelitianbertujuanuntuk (1) mengetahui tingkat partisipasi peternak dalam usaha sapi potong dalam mencapai tujuan berdasarkan AD-ART, (2) mengetahui kendala yang dihadapi peternak dalam berpartisipasi pada pengembangan usaha sapi potong. Hasil penelitian menujukan pada kelompok tani ternak Budi Baiak tingkat partisipasi peternak Rendah dengan rata-rata persentase adalah 29,58%. Pada kelompok tani ternak Tunas Muda ditingkat partisipasi peternak Sedang dengan Ratarata persentase adalah 46.6%. Kendala yang dihadapi peternak Anggota kelompok tani ternak Budi Baiak dan Tunas Muda dalam berpartisipasi pada pengembangan usaha sapi potong : (1) kendala dalam Akses disebabkan karena tidak adanya akses pemasaran usaha yang jelas dalam memasarkan hasil baik berupa sapi potong mau pun daging sapi. (2) kendala dalam daya tanggap disebabkan karna tingkat pendidikan yang rendah dan kurangnya kemampuan anggota kelompok dalam memahami informasi dan rendahnya pengetahuan mereka terhadap teknologi dan pengetahuan yang berkembang. (3) kendala dalam profesionalisme disebabkan karna masyarakat memiliki prinsip yang keras yang menentang ketidak cocokan antara kegiatan yang dilaksanakan dengan prinsip mereka serta kurangnya efektivitas penyuluh dengan anggota kelompok. (4) kendala dalam keefektifan disebabkan karna kurangnya sarana dan prasarana serta keingintahuan anggota kelompok berfikir lebih maju dan kurangnya pemahaman anggota kelompok terhadap iptek. Kata kunci : Partisipasi, Kendala, Kelompok Tani Ternak, Usaha SapiPotong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 19 Jun 2016 08:42
Last Modified: 19 Jun 2016 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11109

Actions (login required)

View Item View Item