HUBUNGAN PERAN SUPERVISI MODEL 4S DENGAN ELEMEN PENILAIAN PENCEGAHAN PASIEN RISIKO JATUH DIMEDIASI OLEH KOMPETENSI PERAWAT

Selvin, Diana (2022) HUBUNGAN PERAN SUPERVISI MODEL 4S DENGAN ELEMEN PENILAIAN PENCEGAHAN PASIEN RISIKO JATUH DIMEDIASI OLEH KOMPETENSI PERAWAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 SELVIN.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB 7)
BAB AKHIR SELVIN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SELVIN.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Tesis akhir full text)
Tesis akhir full Selvin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69MB)

Abstract

ABSTRAK Pengurangan pasien risiko jatuh merupakan bagian dari sasaran keselamatan pasien yang terdapat dalam Permenkes RI no 11 tahun 2017. Salah satu upaya pencegahan pasien risiko jatuh di RS adalah dengan melakukan pengkajian risiko jatuh oleh perawat sesuai dengan kondisi pasien. Untuk mencapai outcome ini diperlukan supervisi klinis yang dapat membantu perawat dalam pengembangan diri, menambah pengetahuan dan skill perawat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan peran supervisi model 4S dengan elemen penilaian pencegahan pasien jatuh yang dimediasi oleh kompetensi perawat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara cross sectional, sampel sebanyak 48 orang perawat, dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisa data dengan analisa univariat dan SEM PLS. Hasil analisa data menunjukkan hubungan peran supervisi model 4S tidak signifikan dengan kompetensi perawat, karena hanya menunjukkan pengaruh sebesar 3 % terhadap kompetensi perawat sebagai variabel mediasi, sedang kan hubungan kompetensi perawat menunjukkan hubungan yang signifikan dengan elemen penilaian pencegahan pasien jatuh. Dengan mengoptimalkan peran supervisi keperawatan terhadap kompetensi perawat maka akan berdampak pada meningkatnya upaya pencegahan pasien risiko jatuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Yulastri Arief, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 11:00
Last Modified: 29 Aug 2022 11:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111074

Actions (login required)

View Item View Item