ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS JANTUNG SUMATERA BARAT TAHUN 2015

ERLIN, SAYUTI (2015) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS JANTUNG SUMATERA BARAT TAHUN 2015. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510271046th_skripsi lengkap_erlin sayuti v4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan adalah hal penting bagi setiap orang. Tren usaha mencari pengobatan yang terjadi saat ini adalah banyaknya masyarakat yang berobat keluar negeri. Hal ini diprediksi sebagai ketidakpuasan terhadap pelayanan kesehatan di dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Khusus Jantung SUMBAR. Tingkat kepuasan pasien diukur menggunakan kuesioner yang dirancang berdasarkan metode SERVQUAL. Untuk mengukur tingkat kepuasan, disebarkan kuesioner sebanyak 97 buah kepada responden yang telah dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan nilai tingkat kepuasan pasien keseluruhan adalah 78.22% dan nilai TKP berdasarkan lima dimensi kualitas adalah 83.20% (assurance), 80.42% (empathy), 79.76% (tangible), 79.09% (responsiveness), and 68.64% (reliability). Hasil Penelitian juga menunjukan ada perbedaan antar harapan dengan kenyataan yang dilihat dari selisih nilai rata-rata harapan dan rata-rata kenyataan adalah -1.38 (assurance), -1.32 (empathy), -1.37 (tangible), -1.41 (responsiveness), and -2.06 (reliability). Penelitian ini menyimpulkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan tidak memenuhi standar minimum yang ditetapkan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat pendidikan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan pada managemen pelayanan rawat jalan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya melalui perbaikan secara berkelanjutan, penyediaan fasilitas yang lebih baik, berkomitmen terhadap waktu pelayanan yang sudah dijanjikan, dan melakukan penilaian kepuasan pasien secara teratur. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, SERVQUAL Kepustakaan : 34 (2001 – 2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:37
Last Modified: 05 Feb 2016 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item