Ridho, Saputra (2022) Strategi Dinas Koperasi Dan UKM Kota Padang Dalam Mengatasi Penurunan Dan Upaya Meningkatkan Jumlah UMKM Selama Masa Pandemi Covid 19. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
Text (bab 1)
bab1.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (bab 5)
bab5.pdf - Published Version Download (82kB) |
|
Text (daftar pustaka)
daftarpustaka.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text (tugas akhir fulltext)
tugasakhir.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sering disebut sebagai salah satu pilar kekuatan perekonomian suatu daerah. Hal ini disebabkan karena UMKM mempunyai fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat dibandingkan dengan perusahaan skala besar. Perkembangan UMKM dapat dilihat dari keberadaan unit UMKM di Indonesia berdasarkan data dari kementrian koperasi dan UMKM. Pada tahun 2018, unit UMKM meningkat dari 62.922.617 menjadi 64.194.057, hal ini menunjukan bahwa peningkatan 2,02% bertambahnya unit usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia. Pandemi Covid-19 berdampak secara ekomomi terhadap keberlangsungan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha. Dalam arahan Gubernur Sumatera Barat percepatan PMK RI No. 65/PMK.05/2020 tentang tatacara pemberian bunga/subsidi margin untuk kredit/pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah, dalam rangka mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional. Jumlah UMKM yang tersebar di Sumatera Barat sebanyak 593.100 unit meliputi perdagangan, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, pertambangan, pengelohan, bangunan, komunikasi, hotel, restoran dan jasa-jasa lainnya Kata Kunci : Manfaat UMKM bagi perekonomian suatu daerah, Dampak pandemi terhadap UMKM, Sektor-sektor UMKM yang terdampak Covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Pemasaran |
Depositing User: | d3 pemasaran ekonomi |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 08:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 08:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110985 |
Actions (login required)
View Item |