Solidaritas Sosial Kelompok Pengrajin Batik Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus: Nagari Ampuan Lumpo,Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan)

Mezy, Zulvanita (2022) Solidaritas Sosial Kelompok Pengrajin Batik Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus: Nagari Ampuan Lumpo,Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
bagian 1 (1).pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
bagian 2.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutupan/Kesimpulan))
bagian 3 (1).pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
bagian 4.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Full Tesxt)
skripsi full fiks .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Abstrak Mezy Zulvanita. 1810821005. Depertemen Antropologi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2022. Judul " Solidaritas Sosial Kelompok Pengrajin Batik Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan ( Studi Kasus: Nagari Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Berdiri dan berkembangnya suatu usaha yang terdiri dari beberapa orang atau kelompok akan dilihat dari kebersamaannya dari bagaimana solidaritas yang di bangun oleh anggota kelompok. solidaritas yang di bangun sehingga tercapainya suatu tujuan yang sama. hal inilah yang dipegang teguh oleh kelompok pengrajin batik lumpo Kabupaten Pesisir Selatan menjaga solidaritas kelompok agar usaha batik lumpo bisa berkembang lebih maju. berkembangnya suautu usaha yang dikerjakan berkelompok tentunya berdampak bagi keadaan sosial dan ekonomi kelompok pengrajin batik setelah adanya usaha batik. maka bagaimana bentuk solidaritas sosial kelompok pengrajin batik lumpo mengembangkan usaha batik lumpo dan tentunya akan berdampak bagi keadaan sosial ekonomi kelompok pengrajin batik lumpo dengan adanya usaha batik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan mengenai solidaritas sosial yang di bangun oleh kelompok pengrajin batik lumpo Kabupaten Pesisir Selatan, yang berada di Nagari Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai dan mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi kelompok pengrajin batik setelah adanya usaha batik lumpo. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data empiris seperti observasi, wawancara, dan visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk solidaritas sosial yang di bangun oleh kelompok pengrajin batik adalah dengan memiliki sifat saling menghormati, saling menghargai, serta membangun rasa kekeluargaan antar sesama anggota kelompok pengrajin batik lumpo, dan selalu menjaga hubungan baik dengan pemerintah. Hadirnya kelompok pengrajin batik memberikan dampak sosial dan ekonomi yang di rasakan oleh kelompok pengrajin batik, dampak sosial yang di rasakan yaitu menjadikan peningkatan taraf pendidikan dan waktu yang lebih efektif dan meningkatkan hubungan kekeluargaan yang semakin erat. serta dampak ekonomi yang di rasakan kelompok pengrajin batik lumpo adalah kenaikan Incam dan tingkat kemakmuran. Kata Kunci: Solidaritas, Kelompok, Pengrajin Batik, Dampak Sosial Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin,M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:33
Last Modified: 30 Aug 2022 01:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110983

Actions (login required)

View Item View Item