Simulasi dan Analisa Domain Waktu Sistem Kendali Automatic Voltage Regulator Arus Searah Umpan Balik Satu dengan Pidtune Model Standard

Marzaras, Ariqen (2022) Simulasi dan Analisa Domain Waktu Sistem Kendali Automatic Voltage Regulator Arus Searah Umpan Balik Satu dengan Pidtune Model Standard. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB V Simpulan dan Saran)
BAB V Simpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Peralatan utama dalam proses pembangkitan tenaga listrik adalah generator. Tegangan keluaran dari generator harus dibuat konstan agar generator dapat bekerja dengan stabil dalam memenuhi kebutuhan daya reaktif ke beban. Perubahan kebutuhan daya reaktif pada beban mempengaruhi operasi pembangkitan energi listrik pada generator sehingga kestabilan pada tegangan terminal dan generator akan terpengaruh. Oleh karena itu diperlukan suatu peralatan yang dapat mengatur tegangan terminal keluaran dari generator secara otomatis, yaitu Automatic Voltage Regulator (AVR). Sistem AVR tidak selalu bekerja secara optimal dalam beroperasi, oleh sebab itu diperlukan pengendali yang ditambahkan pada sistem AVR. Pengendali yang digunakan adalah kombinasi dari pengendali Proporsional-Integral-Diferensial (PID) dengan metode PIDTune. Pada penelitian ini sistem AVR yang digunakan adalah AVR arus searah umpan balik satu dengan menggunakan metode PIDTune model standard yang selanjutnya dianalisa dalam domain waktu meliputi analisa peralihan dan kesalahan serta analisa kestabilan dengan menggunakan akar-akar persamaan karakteristik menggunakan software matlab. Analisa dilakukan setelah mendapatkan nilai-nilai pada setiap parameter komponen penyusun sistem AVR arus searah umpan balik satu yang terdiri dari amplifier, exciter, dan generator lalu dibuatkan fungsi alih. Setelah ditetapkan kriteria perancangan berdasarkan hasil analisa sistem tanpa pengendali, kemudian ditambahkan konstanta pengendali PID pada sistem AVR arus searah umpan balik satu dengan jenis konfigurasi dasar, filter, feedback, feedforward, cascade, dan cascade tipe 2 untuk selanjutnya dianalisa kembali. Grafik dan data-data hasil analisa ditampilkan menggunakan Graphical User Interface (GUI) matlab. Berdasarkan analisa domain waktu dan kestabilan terdapat dua jenis pengendali yang memenuhi kriteria perancangan yang diinginkan, yaitu saat sistem dengan pengendali PD untuk konfigurasi dasar dan saat sistem dengan pengendali PDF untuk konfigurasi dasar serta cascade.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, M.T.
Uncontrolled Keywords: AVR, PIDTune, GUI, dasar, filter, feedback, feedforward, cascade
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:40
Last Modified: 30 Aug 2022 06:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110918

Actions (login required)

View Item View Item