PERBEDAAN TINGGI BADAN ANAK SEKOLAH DASAR BERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI KOTA PADANG TAHUN 2015

Haikal, Basyar (2015) PERBEDAAN TINGGI BADAN ANAK SEKOLAH DASAR BERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI KOTA PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511171600th_skripsi haikal lengkap 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Stunting merupakan keadaan dimana tinggi badan berdasarkan umur rendah atau keadaan dimana tubuh anak lebih pendek dibandingkan dengan anakanak lain seusianya. Berdasarkan RiskesDas 2010 dan 2013, di provinsi Sumatera Barat prevalensi stunting tidak banyak mengalami perubahan. Data dari WHO, angka prevalensi tersebut masih tergolong berat karena masih berkisar antara 30- 39 persen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi keluarga dengan tinggi badan anak di beberapa Sekolah Dasar di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah analitik cross sectional, dilaksanakan pada bulan Februari 2015 sampai November 2015 di SD Pertiwi 2 dan SD N 10 Lambung Bukit sebagai perwakilan beberapa Sekolah Dasar di Kota Padang. Penelitian dilakukan terhadap 62 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan pengukuran tinggi badan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian didapatkan perbedaan rata-rata tinggi badan antara kedua sekolah dimana rata-rata tinggi badan siswa SD Pertiwi 2 (123.61 cm) dan SD N 10 Lambung Bukit (112.69 cm). Terdapat perbedaan yang signifikan antara tinggi badan anak sekolah dasar berdasarkan status sosial ekonomi keluarga dimana didapatkan nilai p= 0.001 (p<0.05). Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Tinggi Badan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 19 Jun 2016 07:23
Last Modified: 19 Jun 2016 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item