Kajian Peluang Pelajar Menggunakan Angkutan Umum Pada Masa Pandemi Covid-19 Pasca Diterapkan Kebijakan PPKM Level 3 Di Kota Padang

Alda, Sri Ramadhani (2022) Kajian Peluang Pelajar Menggunakan Angkutan Umum Pada Masa Pandemi Covid-19 Pasca Diterapkan Kebijakan PPKM Level 3 Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan angkutan umum ditengah pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa. Adanya kemungkinan penularan virus COVID-19 menyebabkan pelajar menjadi lebih waspada dalam menggunakan transportasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model utilitas dan probabilitas pelajar SMA dan setingkat terhadap penggunaan angkutan umum di Kota Padang dan menganalisis faktor yang mempunyai pengaruh paling besar dalam menentukan tingkat pilihan pelajar menggunakan angkutan umum pasca diterapkan kebijakan PPKM level 3 pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian ini ialah pelajar SMA dan sederajat di kota Padang. Penyebaran kuisioner dilakukan dengan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Kuisioner disusun dengan menggunakan metode stated preference dengan delapan alternatif dimana terdapat tiga atribut yaitu atribut selisih waktu tempuh perjalanan(X1), selisih tarif perjalanan(X2), dan protokol kesehatan(X3). Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan model logit binomial untuk mentransformasikan skala semantik menjadi skala numerik. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh model utilitas penggunaan angkutan umum pelajar SMA dan setingkat di Kota Padang pasca diterapkan kebijakan PPKM level 3 yaitu Y(AUK-AUO)= 0,577 + (-0,039) X1 + (-0,072) X2 +0,848 X3. Dari semua model persamaan yang didapatkan, diperoleh persamaan yang terbaik dengan nilai R2 sebesar 0,267. Hal ini berarti semua atribut secara keseluruhan memiliki pengaruh sebesar 26,7%. Atribut yang paling mempengaruhi pelajar dalam menggunakan angkutan umum konvensional yaitu atribut selisih tarif perjalanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Titi Kurniati, M.T
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:11
Last Modified: 29 Aug 2022 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110815

Actions (login required)

View Item View Item