Pengaruh Dosis Dan Frekuensi Pemberian Probiotik (Lactobacillus N16) Dalam Air Minum Terhadap Tinggi Vili, Luas Permukaan Vili Dan Jumlah BAL Pada Broiler

RELAWAN, RAJES (2022) Pengaruh Dosis Dan Frekuensi Pemberian Probiotik (Lactobacillus N16) Dalam Air Minum Terhadap Tinggi Vili, Luas Permukaan Vili Dan Jumlah BAL Pada Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 ( Pendahuluan ))
BAB 1 ( Pendahuluan ).pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB Akhir ( Penutup atau Kesimpulan ))
BAB Akhir ( Penutup atau Kesimpulan ).pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN PROBIOTIK (Lactobacillus N16) DALAM AIR MINUM TERHADAP TINGGI VILI, LUAS PERMUKAAN VILI DAN JUMLAH BAL PADA BROILER RAJES RELAWAN, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Yetti Marlida, MS dan Dr. Ir. Harnentis, MS, Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis dan frekuensi pemberian probiotik Lactobacillus N16 dalam air minum terhadap tinggi vili, luas permukaan vili dan jumlah BAL pada broiler. Penelitian menggunakan 162 ekor DOC broiler dan diberi probiotik Lactobacillus N16 pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21. Kandang yang digunakan adalah 27 unit kandang boks dengan ukuran 60 x 50 x 50 cm, dan masing-masing unit kandang ditempati oleh 6 ekor broiler. Kandang dilengkapi dengan tempat makan dan tempat minum, serta diberi penerangan dan pemanasan menggunakan lampu 25 watt. Penelitian berupa eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3 x 3 dengan tiga ulangan, faktor pertama dosis probiotik (A1 : 1ml/100ml air, A2 : 2ml/100ml air, A3 : 3ml/100ml air) dan faktor kedua adalah frekuensi pemberian (B1: 1 kali pemberian, B2 :2 kali pemberian, B3 : 3 kali pemberian). Waktu pemberian probiotik Lactobacillus N16 dalam air minum pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21. Parameter yang diamati adalah tinggi vili, luas permukaan vili dan jumlah BAL. Hasil penelitian diperoleh bahwa perlakuan pemberian probiotik Lactobacillus N16 dalam air minum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap tinggi vili, luas permukaan vili dan jumlah BAL pada broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa probiotik Lactobacillus N16 dapat diberikan melalui air minum dengan dosis 1ml untuk satu kali pemberian. Kata Kunci : broiler, Lactobacillus N16, tinggi vili, luas permukaan vili, bakteri asam laktat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yetti Marlida, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:00
Last Modified: 30 Aug 2022 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110754

Actions (login required)

View Item View Item