PEMENUHAN HAK ANAK ATAS KESEHATAN DI PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

HERTY, SONIA (2014) PEMENUHAN HAK ANAK ATAS KESEHATAN DI PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201502051053th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi terhadap pemenuhan hak anak atas kesehatan di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002. Hak anak adalah salah satu bagian penting dari hak asasi manusia dan untuk kepentingannya hak anak itu diakui dan dilindungi oleh hukum sejak dalam kandungan. Perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas dan sejahtera. Pelayanan kesehatan mempunyai tujuan yang utama untuk meningkatkan kesehatan anak dan mencegah penyakit. Permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana pelaksanaan hak anak atas kesehatan di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang dan apa saja kendala dalam pelaksanaan kesehatan anak di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang dan bagaimana cara mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan hak anak atas kesehatan di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kesehatan anak di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang dan untuk mengetahui bagaimanakah cara mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sosiologis, merupakan penelitian lapangan yaitu penelitian yang didasarkan pada data primer. Pelaksanaan pemenuhan hak anak atas kesehatan di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang yaitu dengan telah berjalannya program yang sudah dicanangkan dan direncanakan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh Puskesmas Padang Pasir dalam pemenuhan hak anak atas kesehatan terbentur masalah sarana dan prasarana yang tergolong minim. Di samping itu juga faktor kesadaran, faktor pendukung lain dan faktor ketertarikan dari orang tua dari anak akan pemenuhan hak untuk mendapatkan kesehatan bagi anak masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 19 Jun 2016 06:31
Last Modified: 19 Jun 2016 06:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item