syahdati, suci yaumi (2022) Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Instansi Rawat Jalan Bagian Penyakit Dalam RSUD Prof. Dr. MA. Hanafiah Batusangkar. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
Text (Tesis full)
TESIS_.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan berkualitas sehingga kepuasan pasien tercapai. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien peserta JKN yaitu prosedur pelayanan pendaftaran, pelayanan sumber daya manusia, pelayanan obat, dan fasilitas. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan di Poli Penyakit Dalam RSUD Prof. MA. Hanafiah Batusangkar dengan uji statistik chi-square (p≤0,05). Sebanyak 112 responden yang datang berkunjung diwawancara dengan menggunakan kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan karakteristik responden (jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan status kepesertaan) dengan kepuasan pasien. Prosedur pelayanan pendaftaran, pelayanan SDM, pelayanan obat, dan fasilitas yang dimiliki RS berhubungan dengan kepuasan pasien. Faktor yang mempengaruhi kepuasan tersebut perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga pasien puas dan ingin berkunjung kembali ketika mereka membutuhkan pelayanan. Kata kunci: Jaminan Kesehatan, Kepuasan, Pasien, Pelayanan Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D, Sp.KKLP |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 03:02 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 03:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110717 |
Actions (login required)
View Item |