Gambaran Bentuk Kekerasan yang dilakukan Orang Tua terhadap Anak Usia Sekolah di SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Aisyah, Rahma Dini (2022) Gambaran Bentuk Kekerasan yang dilakukan Orang Tua terhadap Anak Usia Sekolah di SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrack)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup&Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup&Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (full text))
Tugas Akhir Utuh (full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kasus kekerasan pada anak di Indonesia cukup mengkhawatirkan karena tingginya angka laporan yang diterima. Survey KPAI tahun 2021 di 9 provinsi menunjukkan bahwa 91% anak di Indonesia mengalami kekerasan dalam keluarga. Bentuk kekerasan yang terjadi pada anak terdiri dari kekerasan fisik, kekerasan psikologis, kekerasan seksual dan kekerasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bentuk kekerasan yang dilakukan orang tua kepada anak usia sekolah di SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas III, IV, V dan VI SD Negeri 23 Pasir sebelah yang kemudian menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 133 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner kekerasan yang terbagi menjadi 4 yaitu kekerasan fisik, kekerasan seksual, kekerasan psikologis dan kekerasan sosial. Analisa data mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekerasan yang paling banyak terjadi adalah kekerasan fisik dengan bentuk kekerasan dicubit sebesar 70,7%, kekerasan psikologis dengan bentuk kekerasan diteriaki dengan keras 39,8%, kekerasan seksual dengan bentuk kekerasan diceritakan lelucon pornografi 9% dan kekerasan sosial dengan bentuk kekerasan dilarang bermain hingga kesepian 27,8%. Pelaku terbanyak yang melakukan kekerasan yaitu ibu sebanyak 82,0%. Disarankan agar tenaga kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan terhadap masyarakat khususnya orang tua untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak dari kekerasan terhadap anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Meri Neherta, Ns, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah, kekerasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Aug 2022 03:45
Last Modified: 27 Aug 2022 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110626

Actions (login required)

View Item View Item