STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEMEN PADANG HOSPITAL(Studi Deskriptif Penggunaan Media Iklan oleh Semen Padang Hospital)

MEGI, PERNANDA (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEMEN PADANG HOSPITAL(Studi Deskriptif Penggunaan Media Iklan oleh Semen Padang Hospital). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201501221256nd_skripsi lengkap 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Semen Padang Hospital merupakan salah satu dari beberapa rumah sakit swasta di Kota Padang. Semen Padang Hospital dalam kurun waktu satu semester mampu meningkatkan jumlah kunjungan pasien yaitu ditahun 2013 data kunjungan pasien berjumlah 34.229 sedangkan pada tahun 2014 kunjungan pasien berjumlah 41.230 pasien. Dengan keberhasilan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Semen Padang Hospital dengan tujuan untuk mengetahui strategi periklanan yang dilakukan oleh Semen Padang Hospital. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi Lasswell yang terdiri dari who, say what, in which channel, to whom dan effect. Konsep yang digunakan adalah konsep periklanan yang dikembangkan oleh Kotler. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara langsung dengan informan, dokumentasi dan observasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisi data yang dikembangkan oleh Matthew B Miles dan A Michael Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian strategi periklanan sudah dilakukan Semen Padang Hospital seoptimal mungkin dengan menggunakan media Radio leaflet, pamphle, banner, billboards dan media digital. Media iklan juga digunakan Semen Padang Hospital dalam melakukan promosi melalui kegiatan kehumasan, personal selling, promosi penjualan dan penjualan langsung sebagai kegiatan promosi dalam mensukseskan kegiatan komunikasi pemasaran rumah sakitnya. Peningkatan jumlah kunjungan pasien tidak hanya disebabkan oleh strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Semen Padang Hospital, namun peningkatan tersebut juga terjadi karena konsep dan disain dari Semen Padang Hospital seperti hotel yang membuat pasien dan keluarga nyaman berobat. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Periklanan, Semen Padang Hospital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 19 Jun 2016 02:26
Last Modified: 19 Jun 2016 02:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item