Perbandingan Karakteristik Uji Tarik pada Beberapa Plastik yang Ada di Pasaran dengan Menggunakan Standar ASTM D638 dan ASTM D3039

Brilyananda, Wahyu Isni (2022) Perbandingan Karakteristik Uji Tarik pada Beberapa Plastik yang Ada di Pasaran dengan Menggunakan Standar ASTM D638 dan ASTM D3039. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Plastik sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari terutama pada beberapa bagian pada alat yang digunakan. Plastik sendiri sangat sulit mengalami penguraian dengan bantuan bakteri pengurai yang ada pada alam. Waktu yang dibutuhkan plastik untuk dapat mengurai antara 20 hingga 200 tahun, bahkan ada yang sampai ribuan tahun. Jumlah plastik semakin lama semakin meningkat. Untuk itu perlu dilakukan pengolahan sampah plastik agar tumpukan dari plastik tidak semakin banyak. Salah satu solusi adalah dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut untuk pemakaian dan kebutuhan sehari-hari. Salah satu plastik yang dapat didaur ulang adalah termoplastik. Termoplastik memiliki sifat yang takut panas dan akan mencair, sehingga mudah dibentuk ulang. Secara teoritis plastik yang mengalami proses daur ulang akan mengalami penurunan sifat fisik maupun mekaniknya. Banyak plastik yang telah mengalami daur ulang maupun belum yang dijual di pasaran. Setiap plastik memiliki sifat mekanik dan fisik yang berbeda. Sifat mekanik dan fisik yang berbeda itulah yang perlu diteliti. Pada penelitian ini sampel plastik digunakan berupa wadah baskom plastik. Baskom plastik diambil baskom plastik berwarna merah dan berwarna hitam. Pengujian ini dilakukan dengan dua standar uji, yaitu: ASTM D638 dan ASTM D3039. ASTM D638 dan ASTM D3039 merupakan standar uji yang digunakan pada uji tarik. Didapatkan nilai kekuatan tarik menggunakan standar uji ASTM D638 dan ASTM D3039 plastik merah 23,41 MPa dan 24,54 MPa serta baskom hitam dengan nilai 10,43 MPa dan 10,25 MPa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: Plastik, Termoplastik, Pengujian Tarik, ASTM D638, ASTM D3039
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:28
Last Modified: 29 Aug 2022 01:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110595

Actions (login required)

View Item View Item