Pengolahan Ion Logam Krom(VI) dan Nitrat Menggunakan Biosorben Limbah Batang Pisang Batu (Musa Balbisiana Colla) Di Cupak Tangah

Azzahra, Fajria (2022) Pengolahan Ion Logam Krom(VI) dan Nitrat Menggunakan Biosorben Limbah Batang Pisang Batu (Musa Balbisiana Colla) Di Cupak Tangah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan limbah batang pisang dalam menyerap ion logam krom(VI) dan nitrat dipelajari dari larutan menggunakan metode batch. Nilai pHpzc limbah batang pisang ialah 4,8 sehingga kemampuan penyerapan ion logam krom(VI) dan nitrat diprediksi terjadi pada pH< pHpzc. Kapasitas penyerapan terbesar diperoleh untuk ion logam krom(VI) sebesar 15,176 mg/g dan nitrat sebesar 46,846 mg/g pada kondisi optimum pH 2, konsentrasi awal ion logam krom(VI) 400 mg/L, waktu kontak ion logam krom(VI) 45 menit, konsentrasi awal nitrat 800 mg/L dan waktu kontak nitrat 15 menit. Model isoterm adsorpsi untuk ion logam krom (VI) mengikuti model Langmuir dan Freundlich yaitu terjadinya pembentukan lapisan monolayer dan multilayer selama proses penyerapan adsorbat. Dan kemudian, model isoterm adsorpsi untuk ion nitrat mengikuti model Freundlich yaitu terjadinya pembentukan lapisan multilayer selama proses penyerapan adsorbat. Model kinetika adsorpsi untuk ion logam krom(VI) dan nitrat mengikuti model kinetika pseudo orde kedua yang menunjukkan bahwa proses penyerapan diatur oleh interaksi kimia. Karakterisasi biosorben menggunakan FTIR menggambarkan bahwa permukaan limbah batang pisang mengandung gugus penting dalam penyerapan ion logam krom(VI) dan nitrat seperti C-N stretching amina tersier aromatis dan SEM-EDX menggambarkan permukaan biosorben berpori dan heterogen. Penerapan kondisi optimum pada air irigasi pertanian untuk ion logam krom memiliki persentase penghilangan sebesar 68,750 % dan untuk ion nitrat sebesar 25,436%. Oleh karena itu, biosorben limbah batang pisang batu memiliki potensi yang baik untuk mengurangi polutan yang ada pada larutan berair.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein, Ph.D
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:19
Last Modified: 26 Aug 2022 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110574

Actions (login required)

View Item View Item