ANALISIS PELAKSANAAN DAN PERMASALAHAN PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERKOTAAN PEDESAAN (PBB-P2) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

desrianti, desrianti (2017) ANALISIS PELAKSANAAN DAN PERMASALAHAN PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERKOTAAN PEDESAAN (PBB-P2) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (bab akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (tesis full)
File 5 utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisa kemampuan pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam menerima pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) sebagai Pajak Daerah, menganalisa pelaksanaan pemungutan, serta mengidentifikasi permasalahan dalam pelaksanaan pemungutan PBB-P2 di Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Pesisir Selatan sudah memiliki infrastruktur yang memadai dalam melaksanakan pemungutan PBB-P2 sebagai Pajak Daerah terutama terkait dengan peraturan dan sarana prasarana. Sebagai landasan hukum pelaksanaan PBB-P2 Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah mempersiapkaan Peraturan Daerah dan beberapa Peraturan Bupati. Pengelolaan PBB-P2 dilakukan dengan menggunakan Sistem Manajemen dan Informasi Objek Pajak Daerah (|SISMIOPD) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2014. Permasalahan utama dalam pelaksanaan PBB-P2 adalah kurangnya pencapaian target pemungutan PBB-P2 yang tidak mencapai 50 %. Penyebab permasalahan ini adalah kurangnya sumber daya manusia yang dimiliki dalam pelaksanaan pemungutan PBB-P2 dan belum adanya fungsi pengawasan pemungutan PBB-P2 oleh Badan Pendapatan serta Data mengenai objek pajak masih menggunakan data lama dan kurangnya kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam menjalankan kewajiban membayar PBB-P2.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. YUrniwati S.E. Ak. M.Si. CA
Uncontrolled Keywords: PBB-P2, Pajak Daerah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:09
Last Modified: 26 Aug 2022 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110548

Actions (login required)

View Item View Item