Pemanfaatan Lignin dari Ekstrak Kulit Buah Kakao (Theoboroma cacao) sebagai Inhibitor Korosi Baja Lunak dalam Medium Asam Klorida

Rizana, Raffael Akbar (2022) Pemanfaatan Lignin dari Ekstrak Kulit Buah Kakao (Theoboroma cacao) sebagai Inhibitor Korosi Baja Lunak dalam Medium Asam Klorida. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN LIGNIN DARI EKSTRAK KULIT BUAH KAKAO (Theobroma cacao) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI BAJA LUNAK DALAM MEDIUM ASAM KLORIDA Oleh: Raffael Akbar Rizana (BP: 1810412071) Prof. Dr. Emriadi, MS; Dr. Yeni Stiadi, MS Inhibisi korosi baja dalam larutan Asam Klorida (HCl 1 M) oleh lignin dari ekstrak kulit buah kakao (Theoboroma cacao) diteliti dengan metode kehilangan berat, spektroskopi Fourier Transform Infrared (FTIR), spektroskopi Ultraviolet-Visible (UV-Vis) dan mikroskop optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju korosi baja sebanding dengan suhu dan berbanding terbalik dengan konsentrasi lignin dari kulit buah kakao. Efisiensi inhibisi sebanding dengan suhu dan konsentrasi lignin dari ekstrak kulit buah kakao. Berdasarkan metode kehilangan berat efisiensi tertinggi adalah 90,299% dengan penambahan ekstrak 10 g/L pada suhu 60oC. Adsorpsi lignin dari ekstrak kulit buah kakao mengikuti pola adsorpsi isoterm Langmuir. Parameter termodinamika seperti energi Gibbs (ΔG), entalpi (∆H), entropi (∆S), dan energi aktivasi dihitung untuk mengetahui mekanisme inhibisi korosi. Analisis FTIR dan spektroskopi UV-Vis menunjukkan adanya interaksi antara lignin dari ekstrak kulit buah kakao dengan permukaan baja. Analisis mikroskop optik menunjukkan bahwa lignin dari ekstrak kulit buah kakao dapat mengurangi kerusakan dan korosi pada permukaan baja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Emriadi, MS
Uncontrolled Keywords: Inhibisi korosi, Theoboroma cacao, kehilangan berat, adsorpsi isoterm Langmuir.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:12
Last Modified: 26 Aug 2022 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110460

Actions (login required)

View Item View Item