EVALUASI PRODUKTIVITAS TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG DENGAN METODE WORK SAMPLING (Studi Kasus : Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan)

RAISA BATURA, ENDO MAHATA (2015) EVALUASI PRODUKTIVITAS TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG DENGAN METODE WORK SAMPLING (Studi Kasus : Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan). Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
201502042250th_raisa batura endo mahata 1010932053.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional. Universitas Negeri Padang merupakan salah satu dari 28 perguruan tinggi negeri yang dinobatkan oleh Direktorat Jendral Tinggi (DIKTI) sebagai 50 perguruan tinggi yang menjanjikan di Indonesia pada tahun 2011. Dalam menyelenggarakan kegiatan akademiknya, Universitas Negeri Padang didukung oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Salah satu fungsi dari tenaga kependidikan adalah melaksanakan pelayanan administrasi sebagai penunjang dalam kegiatan aktivitas akademik. Saat ini, rasio tenaga kependidikan dengan mahasiswa di Universitas Negeri Padang tergolong sangat baik (excellent) menurut Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan Nasional yaitu 1:<100. Namun, dari hasil wawancara pendahuluan yang dilakukan terhadap mahasiswa, diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh tenaga kependidikan di Universitas Negeri Padang masih kurang optimal. Hal tersebut dapat disebabkan karena tenaga kependidikan yang melakukan kegiatan tidak produktif (idle). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi produktivitas tenaga kependidikan di Universitas Negeri Padang dan pengaruh karakteristik demografi terhadap motivasi, performansi, kemampuan kerja, dan kondisi kerja dengan menggunakan metode work sampling dan penyebaran kuesioner. Pengamatan work sampling dilakukan terhadap tenaga kependidikan pada sub bagian akademik dan sub bagian kemahasiswaan setiap fakultas di Universitas Negeri Padang (7 fakultas). Pengamatan dilakukan pada waktu kerja dengan waktu kunjungan yang acak. Kegiatan yang diamati berupa kegiatan produktif, non produktif namun diperlukan, dan idle. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap tenaga kependidikan pada sub bagian akademik dan sub bagian kemahasiswaan masing-masing fakultas dengan jumlah responden sebanyak 33 orang. Perhitungan kuesioner dilakukan dengan menggunakan metode statistik Kruskal Wallis dan Mann Whitney. Berdasarkan pengamatan work sampling didapatkan bahwa persentase kegiatan produktif tertinggi sub bagian akademik terdapat pada Fakultas Ekonomi sebesar 75% dan sub bagian kemahasiswaan pada Fakultas Ilmu Sosial sebesar 69%. Tinggi rendahnya kegiatan produktif yang dilakukan oleh tenaga kependidikan dipengaruhi oleh karakteristik demografi. Karakteristik demografi (lama kerja, usia, status pernikahan, status kepegawaian, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan) berpengaruh terhadap motivasi, performansi, kondisi kerja, dan kemampuan kerja tenaga kependidikan. Berdasarkan hasil uji statistik, karakteristik demografi lama kerja berpengaruh paling signifikan terhadap performansi, motivasi, kondisi kerja, dan kemampuan kerja seorang tenaga kependidikan dengan nilai signifikansi (p<0.05). Kata kunci : Work sampling, tenaga kependidikan, dan karakteristik demografi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 18 Jun 2016 22:04
Last Modified: 18 Jun 2016 22:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11046

Actions (login required)

View Item View Item