Metoda Biosorpsi untuk Memperbaiki Kualitas Air Irigasi Pertanian dari Ion Logam Pb(II) dan Fosfat Menggunakan Batang Pisang Batu (Musa balbisiana Colla) di Cupak Tangah

Permatahati, Siti Suci (2022) Metoda Biosorpsi untuk Memperbaiki Kualitas Air Irigasi Pertanian dari Ion Logam Pb(II) dan Fosfat Menggunakan Batang Pisang Batu (Musa balbisiana Colla) di Cupak Tangah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mempelajari kemampuan limbah batang pisang batu di Cupak Tangah dalam menyerap ion logam Pb(II) dan fosfat dari air irigasi pertanian menggunakan metode batch. Nilai pHpzc batang pisang batu adalah 4,8 sehingga kemampuan penyerapan ion logam Pb(II) optimal pada pH>pHpzc, sedangkan kemampuan penyerapan ion fosfat optimal pada pH<pHpzc. Kondisi optimum biosorpsi ion logam Pb(II) dan fosfat masing-masing diperoleh pada pH 5 dan 3, konsentrasi awal 400 mg/L dan 600 mg/L, serta waktu kontak 15 menit dan 75 menit dengan kapasitas penyerapan 24,78 mg/g dan 48,81 mg/g. Model isoterm Langmuir cocok untuk proses adsorpsi ini yang menunjukkan terjadinya pembentukan monolayer antara masing-masing ion logam Pb(II) dan fosfat dengan batang pisang batu. Interaksi kimia antara ion logam Pb(II) dan fosfat dengan batang pisang batu terjadi pada pseudo orde kedua. Karakterisasi biosorben menggunakan FTIR menunjukkan adanya gugus O-H stretching, C=O stretching dan C-N stretching amina aromatis yang berperan dalam proses adsorpsi. Karakterisasi biosorben menggunakan SEM-EDX menggambarkan bahwa batang pisang batu memiliki permukaan yang kasar serta memiliki rongga dan pori. Kondisi optimum biosorpsi diaplikasikan pada air irigasi pertanian dengan persentase penghilangan ion logam Pb(II) dan fosfat masing-masing sebesar 56,03% dan 77,12%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa limbah batang pisang batu di Cupak Tangah berpotensi menjadi biosorben untuk mengurangi kadar ion logam Pb(II) dan fosfat pada air irigasi pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein, Ph.D
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:19
Last Modified: 26 Aug 2022 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110459

Actions (login required)

View Item View Item