Tingkat Penggantian Tepung Ikan Impor Dengan Ulat Hongkong (Tenebrio molitor) Dalam Ransum Terhadap Lemak, Kolesterol, Dan Tebal Kerabang Telur Puyuh

Khairati, Nadiah (2022) Tingkat Penggantian Tepung Ikan Impor Dengan Ulat Hongkong (Tenebrio molitor) Dalam Ransum Terhadap Lemak, Kolesterol, Dan Tebal Kerabang Telur Puyuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak nadiah khairati.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1 nadiah khairati.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Bab akhir)
bab akhir nadiah khairati.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka nadiah khairati.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Full text)
full text skripsi nadiah khairati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ulat Hongkong (Tenebrio molitor) mengandung protein kasar yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pakan alternatif sumber protein hewani. Kandungan asam linoleat dan kitin yang terdapat pada ulat Hongkong dapat mempengaruhi kualitas telur puyuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan batasan level optimum dan mempelajari pengaruh penggantian tepung ikan impor dengan ulat Hongkong dalam ransum terhadap lemak kuning telur, kolesterol kuning telur dan tebal kerabang telur puyuh. Penelitian ini menggunakan 200 ekor puyuh petelur (Coturnix coturnix japonica) fase layer umur 8 minggu dengan produksi telur 40%. Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu: RA (0% UH/ penggunaan 100% tepung ikan impor), RB (3% UH/ penggantian 25% tepung ikan impor), RC (6% UH/ penggantian 50% tepung ikan impor), RD (9% UH/ penggantian 75% tepung ikan impor), RE (12% UH/ penggantian 100% tepung ikan impor) dengan 4 kali ulangan. Peubah yang diamati adalah lemak kuning telur (%), kolesterol kuning telur (mg/100g), dan ketebalan kerabang telur (mm) puyuh. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa penggunaan ulat Hongkong dalam ransum berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap lemak kuning telur puyuh dan kolesterol kuning telur puyuh namun berpengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap ketebalan kerabang telur puyuh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan ulat Hongkong dapat digunakan sampai level 12% ransum sebagai pengganti 100% tepung ikan impor dan dapat menurunkan lemak kuning telur, kolesterol kuning telur, serta mempertahankan tebal kerabang telur puyuh. Pada kondisi ini diperoleh kuning telur 31,47%, kolesterol kuning telur 712,88 mg/100g, lemak dan tebal kerabang telur 0,28 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:42
Last Modified: 26 Aug 2022 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110457

Actions (login required)

View Item View Item