Pemanfaatan Lignin dari Ekstrak Kulit Jengkol (Pithecellobium jiringa) sebagai Inhibitor Korosi Baja Lunak dalam Medium Asam Klorida

Nurul Hayuni, Savira (2022) Pemanfaatan Lignin dari Ekstrak Kulit Jengkol (Pithecellobium jiringa) sebagai Inhibitor Korosi Baja Lunak dalam Medium Asam Klorida. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (758kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ekstrak lignin kulit jengkol (Pithecellobium jiringa) sebagai inhibitor korosi baja lunak dalam larutan HCl 1 M diteliti dengan metode kehilangan berat (weight loss), karakterisasi Fourier Transform Infra Red (FTIR), spektroskopi Ultraviolet-Visible (UV-Vis) dan mikroskop optik. Ekstrak lignin dari kulit jengkol ini akan berinteraksi dengan permukaan baja lunak membentuk lapisan pelindung yang dapat berperan sebagai inhibitor korosi. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode kehilangan berat menunjukkan laju korosi sebanding dengan kenaikan suhu dan berbanding terbalik dengan meningkatnya konsentrasi ekstrak lignin kulit jengkol dalam larutan HCl 1 M. Efisiensi inhibisi meningkat dengan kenaikan suhu dan meningkatnya konsentrasi ekstrak lignin kulit jengkol dalam larutan HCl 1 M. Nilai efisiensi tertinggi adalah 90,071% dengan penambahan ekstrak 10 g/L pada suhu 60°C. Adsorpsi ekstrak lignin kulit jengkol mengikuti pola adsorpsi isoterm Langmuir. Parameter termodinamika seperti energi Gibbs (ΔG), entalpi (ΔH), entropi (ΔS), dan energi aktivasi dihitung untuk mengetahui mekanisme inhibisi korosi. Analisis FTIR dan spektroskopi UV-Vis menunjukkan adanya interaksi antara ekstrak lignin kulit jengkol dengan permukaan baja. Analisis mikroskop optik menunjukkan bahwa ekstrak lignin kulit jengkol dapat mengurangi pembentukan karat pada permukaan baja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:03
Last Modified: 26 Aug 2022 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110429

Actions (login required)

View Item View Item