ANALISIS VEGETASI STRATA POHON DI HUTAN KAWASAN WISATA KAPALO BANDA TARAM KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG DIINVASI TUMBUHAN ASING INVASIF (Bellucia pentamera Naudin)

Gito, Syahputra (2022) ANALISIS VEGETASI STRATA POHON DI HUTAN KAWASAN WISATA KAPALO BANDA TARAM KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG DIINVASI TUMBUHAN ASING INVASIF (Bellucia pentamera Naudin). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hutan kawasan wisata Kapalo Banda Taram merupakan kawasan hutan lindung yang perlu penanganan dari invasi tumbuhan invasif. Adanya tumbuhan asing invasif seperti Bellucia pentamera Naudin dapat menurunkan keanekaragaman hayati pada suatu kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dan struktur vegetasi pohon di kawasan hutan wisata Kapalo Banda Taram. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga Februari 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuadrat dengan penentuan plot secara purposive sampling, plot ditentukan dua lokasi, stasiun 1 (banyak Bellucia pentamera) dan stasiun 2 (sedikit Bellucia pentamera). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada stasiun 1 ditemukan 11 famili yang terdiri dari 13 genus, 13 spesies dan 21 individu dengan Melastomataceae sebagai famili dominan dan pada stasiun 2 ditemukan 11 famili yang terdiri dari 15 genus, 15 spesies dan 41 individu dengan Lauraceae sebagai famili dominan. Adapun pada stasiun 1, INP tertinggi ditemukan pada spesies Bellucia pentamera (97,4 %) dan terendah pada spesies Xanthophyllum ellipticum (11,7 %). Pada stasiun 2, INP tertinggi ditemukan pada Rhodoleia championii (115,31%) dan terendah pada Sp 1 (6,81 %). Nilai indeks keanekaragaman (H’=2,27) pada stasiun 1 dan (H’=2,13) pada stasiun 2 menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman vegetasi pohon pada hutan kawasan wisata Kapalo Banda Taram dikategorikan sedang. Nilai indeks similiaritas (21,43%) menunjukkan nilai kesamaan antar dua lokasi atau stasiun penelitian dikawasan ini dikategorikan rendah. Kata kunci: Invasif, Komposisi, Bellucia pentamera, Struktur, Pohon

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Solfiyeni
Uncontrolled Keywords: Invasif, Komposisi, Bellucia pentamera, Struktur, Pohon
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:38
Last Modified: 25 Aug 2022 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110407

Actions (login required)

View Item View Item