PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH DALAM PERJANJIAN KREDIT TANPA AGUNAN TERHADAP USAHA MIKRO PADA PT. BANK RIAU KEPRI CABANG UTAMA PEKANBARU

IIP, JAYA DHARMA (2015) PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH DALAM PERJANJIAN KREDIT TANPA AGUNAN TERHADAP USAHA MIKRO PADA PT. BANK RIAU KEPRI CABANG UTAMA PEKANBARU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201511111437th_iip jaya dharma pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Salah satu fungsi bank adalah menyalurkan, Salah satu kredit yang disalurkan oleh PT. Bank Riau Kepri Cabang Utama Pekanbaru adalah kredit tanpa agunan yang disalurkan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi bagi para pelaku ekonomi mikro. Dengan ketiadaan agunan maka produk ini memiliki resiko yang sangat tinggi untuk menjadi kredit bermasalah. Penulisan tesis ini dimaksudkan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kredit bermasalah dalam perjanjian kredit tanpa agunan terhadap usaha mikro dan untuk mengetahui tindakan yang dilakukan untuk menangani kredit yang bermasalah dalam perjanjian kredit tanpa agunan terhadap usaha mikro pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Utama Pekanbaru.Pendekatan yang dilakukan terhadap penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian yang didasarkan pada penelitian lapangan untuk memperoleh data primer sebagai data utamanya.dan di lengkapi dengan data melalui penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder, hasil penelitian akan di paparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian maka faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kredit bermasalah dalam perjanjian kredit tanpa agunan terhadap usaha mikro pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Pekanbaru adalah, kesalahan dari pihak debitur, kesalahan dari pihak kreditur serta kesalahan yang tidak datang dari pihak debitur maupun kreditur. Dan tindakan yang dilakukan untuk menangani kredit yang bermasalah dalam perjanjian kredit tanpa agunan terhadap usaha mikro pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Utama pekanbaru adalah dilakukan penagihan dengan pola yang berbeda di tiap tingkatan kolektibilitasnya,setelah ini hal ini tidak berhasil maka akan dilakukan klaim kepada asuransi, dan untuk sisa yang tidak tertagih akan dilakuan penghapusbukuan namun tidak hapus tagih. Kata Kunci : Penanganan kredit bermasalah kredit tanpa agunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 18 Jun 2016 08:25
Last Modified: 18 Jun 2016 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item