EKSISTENSI KELOMPOK POARI (STUDI KASUS PEKERJA TANI SAWAH DI NAGARI KANDANG BARU KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG)

AZIZAH, SYAHRA (2022) EKSISTENSI KELOMPOK POARI (STUDI KASUS PEKERJA TANI SAWAH DI NAGARI KANDANG BARU KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG). Diploma thesis, Universitas andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Azizah Syahra, 1710823005, Skripsi ini berjudul Eksistensi Kelompok Poari (Pekerja Pada Saat Musim Bertani Sawah) di Nagari Kandang Baru Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung skripsi sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Antropologi Sosial, pembimbing I Dr. Lucky Zamzami, M. Soc. sc dan pembimbing II Drs. Afrida, M.Hum. Kelompok poari merupakan kelompok yang bekerja pada saat musim ka sawah yang sudah menjadi tradisi dari masyarakat Nagari Kandang Baru hingga saat ini. Namun kelompok poari pada saat ini mengalami pergeseran fungsi. Penelitian ini membahas, memahami dan mendeskrisikan eksistensi dari kelompok poari dalam mempertahankan fungsi kelompok poari tersebut dan mengidentifikasikan aktivitas kelompok poari pada saat musim bertani. Mencakup macam-macam kelompoknya, pola kerja kelompoknya, perubahan dalam kelompoknya dan bentuk hubungan dalam kelompoknya. Subjek utama pada penelitian ini adalah kelompok poari, dimana kelompok poari sudah ada dari zaman dahulu dan mengalami perubahan fungsi delapan orang informan kunci 2 pemilik sawah, 5 anggota kelompok poari, 1 anggota kelompok tani. Sedangkan informan biasa yaitu aparatur pemerintah Nagari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi terbatas dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa kelompok poari sudah ada dari zaman dahulu hingga masa sekarang. Jasanya digunakan dalam bidang pertanian untuk bercocok tanam dan saat panen. Kelompok poari mengalami perubahan dengan berkurangnya fungsi dari kelompok poari yang pada awalnya digunakan pada saat bercocok tanam dan pada masa panen, saat ini digunakan cukup pada masa bercocok tanam, serta kelompok poari bekerja berdasarkan permintaan dari pemilik sawah setelah itu upah akan dibayarkan. Perubahan yang dialami kelompok poari terjadi karena adanya alat panen yang dapat menyelesaikan pekerjaan saat panen lebih efektif dan efesien dalam bentuk mesin. Untuk dapat mempertahankan eksistensi kelompok poari dan fungsi dari kelompok poari, maka kelompok poari memiliki cara agar hubungan yang telah ada tetap terjaga hingga saat ini dengan cara mengadakan arisan, simpan pinjam, berladang dan makan bersama. Dari cara ini terbentuk lah nilai yang berkembang dalam kelompok poari seperti nilai solidaritas, nilai kerja sama dan nilai kegotong royongan. Dengan adanya kelompok poari memberikan manfaat bagi pemilik sawah dan juga kelompok poari itu sendiri serta fungsi yang berkurang yang awalnya dua saat ini satu yaitu bekerja pada saat bercocok tanam dalam kelompok poari tidak menghilangkan eksistensi dari kelompok poari. Kata kunci: Kelompok Poari, Eksistensi, Fungsi, Perubahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Lucky Zamzami, M. Soc,sc Drs. Afrida, M.Hum
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:14
Last Modified: 25 Aug 2022 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110379

Actions (login required)

View Item View Item