Modifikasi Termal Lempung Solok Dan Uji Aktivitas Katalitiknya Dalam Pembuatan Fatty Acid Methyl Ester ( FAME) Dari Waste Cooking Oil (WCO)

Florencia Tri, Angellika (2022) Modifikasi Termal Lempung Solok Dan Uji Aktivitas Katalitiknya Dalam Pembuatan Fatty Acid Methyl Ester ( FAME) Dari Waste Cooking Oil (WCO). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
bab v penutup.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki sumber daya alam hayati dan nonhyati yang cukup besar. Salah satunya adalah lempung. Dalam penelitian ini, sampel lempung yang diperoleh dari salah satu daerah di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, digunakan dan diberi perlakuan termal pada suhu 105 ºC, 450 ºC, dan 850 ºC. Semua bahan berbasis lempung tersebut telah diuji aktivitas katalitiknya dalam reaksi transesterifikasi waste cooking oil (WCO) menjadi fatty acid methyl ester (FAME). Reaksi transesterifikasi dilakukan dengan kondisi reaksi : perbandingan rasio volume WCO : metanol adalah 1,94:1, konsentrasi katalis 9,6% b/v, suhu reaksi 70 ºC dan waktu reaksi 75 menit. Berdasarkan analisis XRF, komposisi utama sampel lempung asal Solok yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari Si, Al dan Fe serta unsur-unsur lain seperti K, Ti, Na,Ca Mg, dan Mn. Analisis dengan alat yang sama menunjukkan bahwa kalsinasi memberikan pengaruh yang kecil dalam mengubah rasio mol Si/Al dari lempung. Jenis mineral utama sampel lempung tersebut berdasarkan karakterisasi dengan XRD adalah kaolinit dan illite serta terdapat mineral utama lainnya dalam bentuk kuarsa. Kalsinasi pada suhu 850 ºC mengakibatkan penurunan intensitas puncak kaolinit yang mengindikasikan telah terjadi perubahan sebagian fasa dari kaolin menjadi metakaolin. Uji aktifitas katalitik semua bahan lempung tersebut pada reaksi transesterifikasi WCO menghasilkan FAME menunjukkan bahwa hanya sampel lempung yang dikalsinasi pada suhu 850°C yang menghasilkan produk biodiesel dalam bentuk palmitic acid methyl ester (PAME) dan octadecanoic acid methyl ester (OAME) dengan jumlah total sekitar (~14%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Admi, M.Si
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:19
Last Modified: 26 Aug 2022 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110366

Actions (login required)

View Item View Item