Aplikasi Metode Taguchi untuk Memperbaiki Kekerasan Tapak Ban Vulkanisir (Studi Kasus : PT Inti Vulkatama)

Wahyu, Handayani Putri (2022) Aplikasi Metode Taguchi untuk Memperbaiki Kekerasan Tapak Ban Vulkanisir (Studi Kasus : PT Inti Vulkatama). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Vulkanisir ban adalah proses remanufaktur yang bertujuan untuk menambah usia pakai ban yang telah digunakan. Proses ini dilakukan dengan cara melapisi kembali ban yang telah aus dengan tapak baru. Salah satu industri vulkanisir ban yang berada di Kota Padang adalah PT Inti Vulkatama. Perusahaan ini menetapkan spesifikasi untuk kekerasan tapak ban vulkanisir yaitu ≥61 shore A dengan karakteristik large the better dan menetapkan batas maksimum persentase cacat produk yang dihasilkan sebesar 4%. PT Inti Vulkatama memilki 2 proses untuk memproduksi ban vulkanisir yaitu proses panas dan proses dingin. Permasalahan yang terjadi adalah saat dilakukan sampling data pada kedua proses didapatkan bahwa pada proses panas menghasilkan 7% produk yang kekerasan tapak bannya diluar spesifikasi dan mengakibatkan loss function sebesar Rp243.076/unit. Angka tersebut telah melewati batas maksimum persentase cacat perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan tapak ban vulkanisir pada proses panas dan kombinasi faktor yang dapat menghasilkan kekerasan tapak ban vulkanisir sesuai dengan spesifikasi perusahaan menggunakan Metode Taguchi. Hasil yang diperoleh adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan tapak ban vulkanisir pada proses panas yaitu suhu masak, tekanan udara saat masak, tekanan udara ban dalam, lama pemasakkan, dan jenis bensin untuk campuran lem. Kombinasi faktor optimalnya yaitu suhu masak 140°C, tekanan udara saat masak sebesar 4 bar, tekanan udara ban dalam sebesar 8 bar, lama pemasakkan selama 2 jam, dan jenis bensin untuk campuran lem yaitu SBP. Berdasarkan hasil eksperimen konfirmasi yang dilakukan menggunakan kombinasi faktor tersebut terbukti bahwa adanya peningkatan rata-rata kekerasan tapak ban menjadi 63,15±0,41 dan loss functionnya turun menjadi Rp233.330/unit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Feri Afrinaldi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Vulkanisir Ban, Kualitas Kekerasan Tapak Ban, Metode Taguchi
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:47
Last Modified: 25 Aug 2022 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110365

Actions (login required)

View Item View Item