HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN KELUARGA LANSIA DENGAN PEMBERIAN VAKSIN COVID 19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNG GADING KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2022

Laila, Saadah (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN KELUARGA LANSIA DENGAN PEMBERIAN VAKSIN COVID 19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNG GADING KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (Skripsi full Text)
SKRIPSI_LAILA SAADAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Capaian vaksinasi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat masih tergolong rendah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga lansia terhadap vaksinasi, sehingga partisipasi lansia untuk divaksin menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga lansia dengan pemberian vaksin Covid-19. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah lansia di wilayah kerja Puskesmas Ujung Gading berjumlah 100 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2022 di wilayah kerja Puskesmas Ujung Gading. Pengumpulan data menggunakan instrumen yaitu kuesioner pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga. Analisis data menggunakan proportional random sampling dengan menggunakan uji statistik yaitu Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81% lansia tidak menerima vaksin dan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p value=0,01), sikap(p value=0,001), dan dukungan keluarga (p value=0,000) dengan pemberian vaksin. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar petugas kesehatan/pemerintah terkait dapat membuat promosi kesehatan yang berhubungan dengan peningkatan pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga dengan pemberian vaksin Covid-19 pada lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: covid-19, lansia, vaksin
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:08
Last Modified: 25 Aug 2022 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110359

Actions (login required)

View Item View Item