ANALISIS PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi kasus pada toko Budiman Jl. Sawahan No 30 Padang)

GEMILANG, FAJAR P (2015) ANALISIS PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi kasus pada toko Budiman Jl. Sawahan No 30 Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511110926th_skripsi pustaka.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Hal yang harus diperhatikan dalam Membuat konsumen membeli yakni penjual harus mampu menjual kesan yang baik dan lokasi yang nyaman sebelum menjual barangnya, kesan yang dapat membentuk citra terhadap tokonya. Hal ini sesuai pendapat Sutisna (2001) bahwa suasana toko (store atmosphere) juga akan menentukan citra toko itu sendiri.Store atmosphere adalah menurut Lamb, Hair, dan Mc Daniel (2001) yaitu suatu keseluruhan yang disampaikan oleh tata letak fisik, dekorasi, dan lingkungan sekitarnya.Store atmosphere disebuah toko terdiri dari exterior, general interior, store layout, dan interior layout.Sementara lokasi berbicara tentang dimana tempat fisik dari suatu perusahaan.Jika toko dilengkapi dengan pengaturan ruang yang nyaman, penyejuk udara dan artistic penggunaan warna cat yang sejuk, semuanya menunjukkan adanya suasana toko yang berkelas.Lokasi yang strategis dan aman membuat toko akan semakin berkelas dan memancing kunjungan konsumen ke dalam toko.Dengan demikian suasana toko (store atmosphere) dan lokasi yang tepat dapat menjadi sarana komunikasi positif, menguntungkan, dan memperbesar peluang serta mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penulis sendiri pernah berkunjung kesana.Penulis menyaksikan bagaimana bagian dalam dan bagian luar dari toko tersebut dan juga memperhatikan lokasi toko itu berada. Interior toko termasuk cara penyusunan barang dagangan terlihat sangat apik dan warna tokonya juga terlihat sangat serasi dan sesuai dengan warna-warna dari kemasan produk. Pada bagian exterior terdapat lapangan parkir yang cukup luas .Lokasinya juga cukup strategis, ramai dan juga terletak di dekat kampus UNAND di Jati, semua ini mambuat Para pengunjungnya cukup ramai. Atas dasar penjabaran pemikiran diataslah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) dan LokasiTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen”(Studi kasus pada konsumen di Toko Budiman, Padang).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 18 Jun 2016 08:16
Last Modified: 18 Jun 2016 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item