HUBUNGAN KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

ARNILD, AUGINA MEKARISCE (2015) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501301110th_arnild augina mekarisce_1110332030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Kinerja perawat di Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang masih kurang baik karena masih banyak perawat yang jarang melaksanakan beberapa indikator kerja.Selain itu, kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja dengan kinerja perawat Instalasi Rawat Jalan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi seluruh perawat di Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang dan sampel sebanyak 61 perawat dengan teknik pengambilan sampel secaratotal sampling, Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisi data dengan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat memiliki kinerja baik 52,5%, kepemimpinan atasan kurangbaik 52,5%, motivasi tinggi 50,8%, dan disiplin kerja tinggi 55,7%. Hasil uji statistik didapatkan hubungan antara kepemimpinan dengan kinerja perawat (p value=0,007), hubungan motivasi dengan kinerja perawat (p value=0,251), dan hubungan disiplin kerja dengan kinerja perawat (p value=0,059). Kesimpulan Lebih dari separuh perawat memiliki kinerja baik, kepemimpinan atasan kurang baik,motivasi tinggi, dan disiplin kerja tinggi. Terdapat hubungan bermakna antara kepemimpinan dengan kinerja perawat, serta tidak ada hubungan yang bermakna dengan motivasi dan disiplin kerja. Diharapkan kepada pimpinan rumah sakit untuk menanamkan rasa tanggung jawab,memberikan arahan dan penghargaan terhadap kinerja perawat yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:35
Last Modified: 18 Jun 2016 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item