ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA STEROID DARI FRAKSI n-HEKSANA SERTA UJI TOKSISITAS PADA BUAH TERONG HIJAU (Solanum melongena L)

HENDRA, SAPUTRA (2015) ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA STEROID DARI FRAKSI n-HEKSANA SERTA UJI TOKSISITAS PADA BUAH TERONG HIJAU (Solanum melongena L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511130831th_skripsi hendra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Senyawa steroid dari buah terong hijau (Solanum melongena L) telah diisolasi. Serbuk kering buah terong hijau diekstrak dengan cara maserasi menggunakan pelarut n-heksana, etil asetat dan metanol. Senyawa steroid dalam ekstrak nheksana dipisahkan menggunakan kromatografi kolom dengan menggunakan fasa gerak eluen n-heksana dan etil asetat dengan perbandingan 5 : 5 secara Isokratik. Senyawa hasil diperoleh berupa padatan seperti kristal jarum berwarna putih yang memiliki titik leleh pada rentang suhu 134º-136oC dan uji KLT dengan berbagai tingkat kepolaran eluen dan menggunakan pereaksi Liebermann-Burchard memberikan noda tunggal berwarna biru, menandakan bahwa senyawa hasil isolasi telah murni dan merupakan golongan steroid. Berdasarkan spektrum UV menunjukkan ikatan rangkap tidak berkonjugasi dengan serapan maksimum pada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 19 Jun 2016 06:50
Last Modified: 19 Jun 2016 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11032

Actions (login required)

View Item View Item