Analisis Pelaksanaan Strategi Penemuan Terduga Tuberkulosis Pada Masa Pandemi di Puskesmas Andalas dan Puskesmas Seberang Padang Kota Padang Tahun 2021

Hafiza, Utami Syukri (2022) Analisis Pelaksanaan Strategi Penemuan Terduga Tuberkulosis Pada Masa Pandemi di Puskesmas Andalas dan Puskesmas Seberang Padang Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover + abstrak - Hafiza Utami Syukri.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan) - Hafiza Utami Syukri.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
3. Bab Akhir (Kesimpulan + Saran) - Hafiza Utami Syukri.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA - Hafiza Utami Syukri.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Full Text Laporan Akhir Skripsi - Hafiza Utami Syukri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2020, Puskesmas Seberang Padang mengalami kenaikan CDR TBC sebesar 15%, sedangkan Puskesmas Andalas mengalami penurunan CDR TBC sebesar 20,3%. Jumlah kasus yang ditemukan kedua puskesmas diketahui dipengaruhi oleh jumlah temuan suspek TBC. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penemuan terduga TBC selama masa pandemi di Puskesmas Andalas dan Puskesmas Seberang Padang tahun 2021. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sistem meliputi input, proses, dan output yang dilakukan pada Agustus 2021- Mei 2022 di Puskesmas Andalas dan Puskesmas Seberang Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling terhadap 17 informan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian tahapan input, petugas TBC Puskesmas Andalas belum pernah mendapatkan pelatihan TBC dan kadernya tidak aktif selama pandemi. Pada proses, Puskesmas Andalas dan Puskesmas Seberang Padang berfokus pada penemuan secara pasif karena terkendala kesibukan vaksinasi petugas dan terdapat ketakutan di masyarakat terhadap anggapan terinfeksi Covid-19 selama pandemi. Pada output, belum terdapat peningkatan dari tahun 2020. SDM di Puskesmas Andalas masih perlu ditingkatkan. Sedangkan, Puskesmas Seberang Padang sudah cukup baik sesuai pedoman. Kedua puskesmas sebaiknya mulai melakukan penemuan aktif dengan bantuan kader TBC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vivi Triana SKM.,MPH
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Penemuan suspek, Strategi, TBC
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:43
Last Modified: 25 Aug 2022 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110312

Actions (login required)

View Item View Item