Pengaruh Minyak Atsiri Dari Kulit Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Terhadap Ekspresi Protein Bcl-2 Pada Sel Kanker Payudara T47D Dengan Metode Western Blot

AZZAHRA, ALYSSA (2022) Pengaruh Minyak Atsiri Dari Kulit Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Terhadap Ekspresi Protein Bcl-2 Pada Sel Kanker Payudara T47D Dengan Metode Western Blot. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah diketahui efeknya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara T47D. Pada penelitian sebelumnya diketahui bahwa minyak atsiri dari kulit buah Citrus aurantifolia memiliki aktivitas terhadap pertumbuhan sel kanker payudara T47D dengan menghambat migrasi sel kanker payudara T47D pada uji scratch assay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian minyak atsiri dari kulit buah Citrus aurantifolia terhadap ekspresi protein Bcl-2 (antiapoptosis) pada sel kanker payudara T47D. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok perlakuan yaitu minyak atsiri kulit buah Citrus aurantifolia, doksorubisin (kontrol positif), dan kontrol negatif. Dosis minyak atsiri yang digunakan yaitu 7,89 µg/mL. Pengujian ekspresi protein dilakukan menggunakan metode western blot dengan parameter yang diamati yaitu luas area dan densitas pita protein yang di analisis menggunakan software imageJ. Data nilai luas area dan densitas ini kemudian dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian minyak atsiri dari kulit buah Citrus aurantifolia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sel kanker payudara T47D dengan menurunkan ekspresi protein Bcl-2, ditandai dari nilai luas area dan densitas pita protein yang lebih rendah dari kontrol negatif dan lebih tinggi dari doksorubisin (p<0,05), sehingga dapat menginduksi proses apoptosis yang berakibat terhadap penurunan jumlah sel kanker. Kata kunci : Minyak atsiri Citrus aurantifolia, sel kanker payudara T47D, protein Bcl-2, western blot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:56
Last Modified: 25 Aug 2022 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110306

Actions (login required)

View Item View Item