Verifikasi Pergeseran Geometri dan Dosis Penyinaran Linac Tipe Clinac CX Menggunakan Electronic Portal Imaging Device (EPID) Terhadap Kasus Kanker Nasofaring

Eli, Defira (2022) Verifikasi Pergeseran Geometri dan Dosis Penyinaran Linac Tipe Clinac CX Menggunakan Electronic Portal Imaging Device (EPID) Terhadap Kasus Kanker Nasofaring. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi-Eli Defira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai verifikasi pergeseran geometri dan dosis penyinaran pada pesawat Linear Accelerator (Linac) tipe Clinac CX menggunakan Electronic Portal Imaging Device (EPID). Penelitian yang bertujuan untuk ketepatan posisi pasien dan distribusi dosis dilakukan pada 10 data rekam medis pasien kanker nasofaring di Instalasi Radioterapi Rumah Sakit Universitas Andalas. Proses verifikasi diawali dengan perencanaan Treatment Planning System (TPS) menggunakan software Eclipse dilanjutkan dengan penyinaran menggunakan Linac yang terintegrasi EPID. Penentuan pergeseran geometri berdasarkan pergeseran titik koordinat X, Y, Z serta verifikasi dosis penyinaran berdasarkan nilai indeks gamma dan jumlah lapangan penyinaran. Hasil verifikasi pergeseran geometri menunjukkan terdapat pergeseran yang signifikan karena melebihi standar IAEA Human Health Series No. 31 Tahun 2016 yaitu sebanyak 2 data pasien pada titik koordinat X, 1 data pasien pada titik koordinat Y dan 1 data pasien pada titik koordinat Z karena mempunyai nilai pergeseran > 0,3 cm. Faktor penyebab terjadinya pergeseran yang signifikan adalah jauhnya jarak antara titik origin perencanaan ke titik origin penyinaran pada EPID. Verifikasi dosis untuk masing-masing lapangan penyinaran dari setiap pasien memiliki hasil yang baik dengan rata-rata keberhasilan sebesar 99%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Milvita,M.Si
Uncontrolled Keywords: EPID, Eclipse, indeks gamma, Linear Accelerator, verifikasi
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:07
Last Modified: 25 Aug 2022 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110272

Actions (login required)

View Item View Item