PERBEDAAN RERATA KADAR RETINOL BINDING PROTEIN 4 (RBP4) PADA REMAJA OBESITAS DI KOTA PADANG MENURUT TINGKAT RESISTENSI INSULIN BERDASARKAN HOMEOSTASIS MODEL ASSESSMENT INSULIN RESISTANCE (HOMA-IR)

RONALDI, NOOR (2015) PERBEDAAN RERATA KADAR RETINOL BINDING PROTEIN 4 (RBP4) PADA REMAJA OBESITAS DI KOTA PADANG MENURUT TINGKAT RESISTENSI INSULIN BERDASARKAN HOMEOSTASIS MODEL ASSESSMENT INSULIN RESISTANCE (HOMA-IR). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201511060530th_tesis upload pustaka baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Latar belakang Obesitas telah menjadi masalah global dan terus menjadi masalah utama di banyak negara miskin dan berkembang dan telah mencapai tanda bahaya. Obesitas menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Retinol Binding Protein 4 (RBP4) yang disekresikan dari jaringan hati dan adiposa beberapa tahun ini diusulkan sebagai penghubung antara obesitas dan resistensi insulin. Peran RBP4 dalam obesitas anak dan hubungannya dengan resistensi insulin masih belum dapat dijelaskan. Tujuan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kadar RBP4 pada remaja gemuk dan kurus dan hubungan antara kadar RBP4 dan resistensi insulin berdasarkan Homeostasis Model Assessment-Insulin Resistance (HOMA - IR). Metode Penelitian ini merupakan studi cross-sectional dan dilakukan pada tiga SMA di kota Padang. Sampel adalah remaja obesitas berusia 14-18 tahun dan remaja dengan berat badan normal (n = 56). Kami mengukur indeks massa tubuh (IMT) dan kadar RBP4 serum. Resistensi insulin dinilai menggunakan indeks HOMA-IR. Hasil Kadar RBP4 sama pada kelompok obesitas vs non obesitas (p> 0,05). Kadar RBP4 lebih tinggi ditemukan pada kelompok resistensi insulin dibanding kelompok non-resistensi insulin, tetapi perbedaan ini tidak bermakna (p> 0,05). Kesimpulan Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kadar rata-rata RBP4 pada kelompok remaja obesitas dibandingkan dengan remaja non obesitas dan pada kelompok remaja obesitas dengan resistensi insulin dibandingkan dengan tanpa resistensi insulin Kata kunci: Obesitas, Retinol Binding Protein 4 (RBP4), resistensi insulin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:55
Last Modified: 18 Jun 2016 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item