ESTIMASI TUTUPAN TAJUK POHON BERDASARKAN UAV (Unmanned Aerial Vehicle) DI PLOT PERMANEN Hutan Pendidikan Dan Penelitian Biologi (HPPB)

Amjad, Arrafii (2022) ESTIMASI TUTUPAN TAJUK POHON BERDASARKAN UAV (Unmanned Aerial Vehicle) DI PLOT PERMANEN Hutan Pendidikan Dan Penelitian Biologi (HPPB). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK-1.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estimasi tutupan tajuk pohon berdasarkan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) di plot permanen hutan pendidikan dan penelitian biologi (HPPB), kawasan kampus Universitas Andalas, Padang. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret 2022. Penelitian ini menggunakan metode penerbangan UAV dengan pengambilan gambar udara pada plot permanen dengan ukuran 100 x 100 m. Selanjutnya pada plot permanen tersebut dibuat sub plot berukuran 10 x 10 m sebanyak 100 sub plot. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan 6 jenis pohon berbeda yang memiliki tajuk yang lengkap. Adapun sebaran diameter pohon dari 6 jenis pohon tersebut Artocarpus borneensis mempunyai proses regenerasi yang berjalan normal. Sedangkan hubungan diameter pohon dan diameter tajuk pada 6 jenis pohon tersebut memiliki nilai korelasi yang positif yaitu r= 0,66 yang mengandung arti bahwa mempunyai korelasi yang tinggi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pada 6 jenis pohon tersebut ditemukan tutupan terluas pada Mallotus sp. Adapun saran dari peneliti adalah untuk melakukan estimasi tutupan tajuk dapat dilakukan pada area yang lebih luas sehingga status kondisi hutan tersebut akan dapat lebih informatif melalui tajuk tajuk pohon yang menaungi tumbuhan dibawahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erizal Mukhtar
Uncontrolled Keywords: UAV, Tutupan tajuk, Diameter pohon, Sebaran, Hutan sekunder
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:49
Last Modified: 24 Aug 2022 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110213

Actions (login required)

View Item View Item