Analisis Kinerja Keuangan Keuangan Pada Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus:LKM-A Batu Gadang Bersama Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang)

Paska, Puan Monita (2022) Analisis Kinerja Keuangan Keuangan Pada Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus:LKM-A Batu Gadang Bersama Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Pendahuluan BAB I)
Pendahuluan BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Penutup BAB V)
Penutup.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Futext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permodalan merupakan hal yang sangat penting bagi petani dalam menjalankan usahataninya, namun sering ditemukan bahwa aspek permodalan masih menjadi salah satu permasalahan yang banyak ditemukan di kalangan petani. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi permodalan petani yaitu dengan mengeluarkan program Pengembangan Usaha Agribisnis Pertanian melalui Departemen Pertanian dengan Keputusan Menteri Pertanian (KEPMENTAN) Nomor 545/Kpts/OT.1160/9/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen dan menganalisis kinerja keuangan LKM-A Batu Gadang Bersama pada saat pandemi Covid-19 dengan sebelum masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dengan cara analisis kualitatif untuk bagian manajemen dan analisis kuantitatif menggunakan perhitungan rasio (rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas) untuk menganalisis bagian kinerja keuangan. Berdasarkan aspek manajemen, LKM-A Batu Gadang Bersama belum menjalankannya dengan baik, perencanaan program kerja untuk menghadapi pandemi Covid-19 tidak dirumuskan dalam RAT, pembagian tugas dan wewenang sudah diatur dalam struktur organisasi namun masih ada bagian yang tidak melaksanakan tugasnya, dan pelaksanaan kegiatan sudah cukup sesuai dengan prosedur yang ditetapkan namun ada kendala dalam melayani permodalan petani lainnya, serta pengawasan hanya dilakukan secara pasif melalui laporan-laporan kegiatan. Secara umum kinerja keuangan LKM-A Batu Gadang Bersama sebelum dan saat terjadinya pandemi Covid-19 sudah dalam kategori tidak sehat. Kondisi kinerja keuangan tersebut dipengaruhi oleh besarnya piutang dan rendahnya laba yang dihasilkan serta perputaran pinjaman yang ditawarkan LKM-A Batu Gadang Bersama lemah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zednita Azriani, S.P., M.Si.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:27
Last Modified: 24 Aug 2022 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110212

Actions (login required)

View Item View Item