ANALISIS PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI MAKANAN RINGAN BERBASIS UBI KAYU DI KOTA PAYAKUMBUH

HIDAYAT, RAFLIS (2015) ANALISIS PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI MAKANAN RINGAN BERBASIS UBI KAYU DI KOTA PAYAKUMBUH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201511051249th_tesis hidayat raflis 0921202011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil agroindustri makanan ringan berbasis ubi kayu di Kota Payakumbuh, dan merumuskan strategi pengembangan agroindustri makanan ringan berbasis ubi kayu di Kota Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif menggunakan konsep-konsep manajemen strategi, dengan alat analisa matrik IE dan matrik SWOT. Pengamatan difokuskan pada empat aspek dalam agroindustri yaitu pengadaan bahan baku, proses produksi, pemasaran, dan lembaga penunjang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa bahan baku ubi kayu berasal dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, dengan jenis ubi ubi roti, ubi hijau, ubi dumai dan ubi hitam. Proses produksi masih menggunakan teknologi sederhana, dengan pemasaran sebagian besar ke luar Kota Payakumbuh. Hasil analisa matrik IE menunjukkan bahwa agroindustri makanan ringan berbasis ubi kayu di Kota Payakumbuh berada pada posisi hold and maintain. Oleh karena itu, dirumuskanlah beberapa strategi yang dapat digunakan berdasarkan tujuan strategisnya untuk, (1) Meningkatkan produktifitas, kuantitas dan kualitas hasil pertanian, yaitu Meningkatkan kualitas dan kontinuitas bahan baku ubi kayu. (2) Mengembangkan industri pengolahan berbasis komoditi unggulan daerah; (a) Meningkatkan kualitas produk, dan (b) Meningkatkan kualitas SDM dalam kemampuan manajemen dan teknologi; (3) Mengembangkan kelembagaan petani dan pemasaran hasil pertanian; (a) Memaksimalkan penjualan disepanjang jalur lalu lintas utama Payakumbuh-Pekanbaru, objek wisata, dan tempat-tempat strategis lainnya dan meningkatkan volume usaha, (b) Penetrasi pasar dan pengembangan produk agroindustri berbasis ubikayu, (c) Membuat promosi dan iklan-iklan di jalan-jalan dan tempat-tempat strategis, serta memanfaatkan teknologi dengan berpromosi melalui internet dan media sosial (menerapkan penggunaan e-commerce), (4) Meningkatkan peran kelembagaan dan permodalan dalam pengembangan ekonomi lokal yang berdaya saing; (a) Pembinaan dan pengembangan usaha agroindustri berbasis ubi kayu secara terpadu serta memperkuat jaringan informasi pasar guna memanfaatkan peluang perdagangan antar daerah, (b) Menciptakan kelembagaan pelaku agroindustri berbasis ubikayu dalam bentuk koperasi atau perkumpulan sejenis. Kata Kunci : agroindustri, strategi, SWOT, ubi kayu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:51
Last Modified: 18 Jun 2016 07:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item