Pemanfaatan Batang Pisang Batu (Musa balbisiana Colla) di Cupak Tangah sebagai Biosorben untuk Ion Logam Cd(II) dan Sulfat pada Air Irigasi Pertanian

Firda, Azizah Mulia (2022) Pemanfaatan Batang Pisang Batu (Musa balbisiana Colla) di Cupak Tangah sebagai Biosorben untuk Ion Logam Cd(II) dan Sulfat pada Air Irigasi Pertanian. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian ini mempelajari kemampuan batang pisang dalam menyerap ion logam Cd(II) dan sulfat dilakukan dengan menggunakan metoda batch. Kondisi optimum biosorpsi ion Cd(II) dan sulfat masing-masing diperoleh pada pH 5, konsentrasi awal 800 mg/L dan 1400 mg/L, waktu kontak 15 menit, dengan kapasitas adsorpsi 21,241 mg/g dan 139,642 mg/g. Model isoterm Langmuir cocok untuk proses adsorpsi ini yang menunjukkan terjadinya pembentukan lapisan tunggal antara molekul ion Cd(II) dan sulfat dengan biosorben batang pisang dan proses adsorpsi mengikuti model kinetika pseudo orde kedua antara ion Cd(II) dan sulfat dengan biosorben batang pisang. Karakterisasi biosorben menggunakan Fourier Transform Infrared (FTIR) dan Scanning Electron Microscope-Energy Dispersive X-Ray (SEM-EDS) menjelaskan bahwa permukaan batang pisang mengandung gugus karbonil, gugus hidroksil serta memiliki permukaan yang tidak homogen dan berpori lalu pori–pori tersebut terisi setelah penyerapan. Kemudian kondisi optimum biosorpsi diaplikasikan pada air irigasi pertanian dengan persentase penghilangan ion Cd(II) dan sulfat masing-masing 40,000% dan 56,793%. Dengan demikian, batang pisang dapat digunakan sebagai biosorben untuk mengurangi ion logam Cd(II) dan sulfat pada suatu perairan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein, Ph.D
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:51
Last Modified: 24 Aug 2022 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110179

Actions (login required)

View Item View Item