PENGARUH PEMBERIAN HASIL ISOLASI RHIZOBAKTERIA BEBERAPA JENIS BAKTERI INDIGENUS DAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell. Arg)

WIRA, MUTIA WAHYU (2015) PENGARUH PEMBERIAN HASIL ISOLASI RHIZOBAKTERIA BEBERAPA JENIS BAKTERI INDIGENUS DAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell. Arg). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511112249th_pdf skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan jenis bakteri indigenus hasil isolasi rhizobakteria dan pupuk organik terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman karet (Hevea brasiliensis Muell. Arg). Penelitian telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, dari bulan April sampai Agustus 2015. Rancangan yang digunakan yaitu Faktorial dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 taraf perlakuan pada faktor pertama dan 3 taraf perlakuan pada faktor kedua dengan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%, apabila F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan Uji Duncan’s New Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi terbaik antara rhizobakteria RZ1.1GT01 dan pupuk organik kompos daun karet terhadap pertumbuhan bobot segar tanaman karet, bobot kering tanaman karet dan bobot segar akar tanaman karet (Hevea brasiliensis Muell. Arg). Pemberian rhizobakteria dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi bibit dan lebar kanopi daun tanaman karet, sedangkan pemberian pupuk organik dapat meningkatkan pertumbuhan lebar kanopi daun tanaman karet, jumlah daun dan pertambahan panjang akar primer tanaman karet. Kata kunci : rhizobakteria, pupuk organik, tanaman karet

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 19 Jun 2016 06:38
Last Modified: 19 Jun 2016 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item