Analisa Kesenjanganantara Harapan dan Kinerja Kereta Api Rute Padang-Pariaman

Feri, Nofrizal (2015) Analisa Kesenjanganantara Harapan dan Kinerja Kereta Api Rute Padang-Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir)
201501271324th_tugas akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kereta api rute Padang-Pariaman merupakan salah satu moda transportasi dengan multi keunggulan yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan transportasi terutama bagi komuter antara kedua kota tersebut. Tingkat pelayanan dari kereta api merupakan faktor penting dalam memuaskan harapan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara tingkat harapan penumpang kereta api dengan tingkat kinerja operator atau layanan yang dirasakan oleh pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 280 responden yang merupakan penumpang kereta api Padang-Pariaman. Untuk kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan pelanggan kereta api digunakan metoda analisis tingkat kepentingan- tingkat kepuasan (IPA) yang terdiri dari analisa kuadran dan analisa kesenjangan (Gap Analysis). Berdasarkan hasil analisa dengan metoda IPA, dapat disimpulkan bahwa secara umum pelanggan merasa puas terhadap layanan kereta api. Namun ada beberapa atribut yang harus dievaluasi dan diperbaiki. Atribut-atribut tersebut yaitu ketersediaan Wi-Fi di atas kereta dan stasiun, serta frekuensi keberangkatan kereta. Ketiga atribut tersebut berada pada kategori prioritas utama pada analisa kuadran dan memiliki nilai gap yang besar antara harapan dan kinerja dari PT.KAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:22
Last Modified: 18 Jun 2016 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item