PENGARUH KOMPOSISI KITOSAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN BIODEGRADABLE FILM KOMPOSIT NANOSERAT PINANG DENGAN CASTOR OIL SEBAGAI PLASTICIZER

Ayuzia, Puspa Indah (2022) PENGARUH KOMPOSISI KITOSAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN BIODEGRADABLE FILM KOMPOSIT NANOSERAT PINANG DENGAN CASTOR OIL SEBAGAI PLASTICIZER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh komposisi kitosan terhadap sifat fisis dan biodegradable film komposit nanoserat pinang dengan castor oil sebagai plasticizer. Pembuatan sampel dilakukan menggunakan metode solution casting. Variasi kitosan yang digunakan yaitu 0 g, 0,56 g, 0,7 g, 0,84 g, 1,4 g dan satu sampel menggunakan pati dengan variasi kitosan 0,84 g. Pengujian sifat mekanik meliputi uji kuat tarik, elongasi, elastisitas, dan biodegradasi. Pengujian sifat fisik sampel yang dilakukan yaitu uji ketebalan, uji Fourier Transform Infrared (FTIR) dan uji Field Emission Scanning Electron Microscope (FESEM). Sampel dikarakterisasi menggunakan Particle Size Analyzer (PSA) untuk mengetahui ukuran nanoserat,FESEM untuk mengetahui morfologi sampel dan FTIR untuk mengetahui gugus fungsi. Hasil PSA menunjukkan nanoserat memiliki diameter (79-187) nm. Hasil karakterisasi FESEM diperoleh bentuk permukaan plastik biodegradable yang tidak merata. Hasil FTIR menunjukkan adanya gugus fungsi C=O dan C-O merupakan gugus fungsi hidrofilik yang menunjukkan plastik biodegradable mampu terdegradasi. Hasil kuat tarik terbaik pada variasi kitosan 0,84 g tanpa pati dengan nilai 20,04 MPa, elongasi terbaik pada variasi kitosan 0,7 g dengan nilai 138,56%, elastisitas terbaik dengan nilai 198,66 MPa pada variasi kitosan 0,84 g dengan penambahan pati, ketebalan rata-rata ≤ 0,25 mm. Seluruh nilai kuat tarik, elongasi pada varisi (0-0,7) g, dan ketebalan seluruh variasi dari plastik biodegradable yang telah dihasilkan sudah memenuhi Japan Industrial Standard. Semakin tinggi variasi kitosan maka ketebalan, dan biodegradasi dari plastik biodegradable semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alimin Mahyudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: castor oil, kitosan, nanoserat pinang, plastik biodegradable, sifat fisis dan mekanik
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:58
Last Modified: 30 Aug 2022 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110100

Actions (login required)

View Item View Item