GAMBARAN FAKTOR PERILAKU YANG MELATAR BELAKANGI KEJADIAN FILARIASIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTO BARU KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2014

FITRI, YANTI (2015) GAMBARAN FAKTOR PERILAKU YANG MELATAR BELAKANGI KEJADIAN FILARIASIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTO BARU KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201501271301th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2014 di Puskesmas Koto Baru Kecamatan Lengayang terdapat 13 kasus baru yang lama 10 kasus, sehingga total keseluruhan sebanyak 23 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor perilaku yang melatar belakangi filariasis di Wilayah Kerja Puskesmas Koto Baru Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita filariasis berjumlah 23 orang dan semua populasi dijadikan sampel (total sampling). Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober - Desember 2014. Data dikumpulkan dengan melakukan pengisian angket oleh responden. Pengolahan dan analisis di lakukan secara komputerisasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 65,2% responden yang mengalami filariasis memiliki pengetahuan yang rendah tentang penyakit filariasis. 69,6% responden yang mengalami filariasis memiliki sikap yang negatif tentang penyakit filariasis. 73,9% responden yang mengalami filariasis memiliki tindakan yang kurang baik terhadap upaya pencegahan penyakit filariasis. Untuk itu diharapkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat dengan promosi kesehatan yang lebih baik, seperti penyuluhan door to door, penyebarluasan leaflet dan pemasangan poster tentang filariasis. Penyuluhan kepada masyarakat agar mengurangi kebiasaan keluar malam dan jika memang harus keluar malam gunakan pakaian secara baik serta promosi pentingnya penggunaan kawat kasa dan membersihkan lingkungan secara berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:16
Last Modified: 18 Jun 2016 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item