Pengaruh Pemberian Ampas Kelapa (Cocos nucifera L) dalam Ransum Terhadap Konsumsi, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Ransum Itik Bayang Periode Starter

TAUFIK, HIDAYAT (2022) Pengaruh Pemberian Ampas Kelapa (Cocos nucifera L) dalam Ransum Terhadap Konsumsi, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Ransum Itik Bayang Periode Starter. Diploma thesis, UNIVERESITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ampas kelapa yang digunakan dalam ransum dengan persentase yang berbeda terhadap konsumsi, pertambahan bobot badan dan konversi ransum itik Bayang periode starter. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOD itik Bayang dan diberi ransum perlakuan sampai dengan 8 minggu pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan adalah penggunaan ampas kelapa dalam ransum: A (0% ampas kelapa), B (3% ampas kelapa), C (6% ampas kelapa), D (9% ampas kelapa) dan E (12% ampas kelapa). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor/minggu), pertambahan bobot badan (g/ekor/minggu) dan konversi ransum. Hasil penelitian dan analisis ragam menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian ampas kelapa dalam ransum itik Bayang yang dipelihara selama 8 minggu dapat digunakan sampai level 6% dapat mempertahankan performa. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 642.53 g/ekor/minggu, pertambahan bobot badan 129,27 g/ekor/minggu dan konversi ransum 4.98 Kata kunci : Ampas kelapa, konsumsi, ransum, bobot badan dan konversi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrizal, MS.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:42
Last Modified: 25 Aug 2022 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110054

Actions (login required)

View Item View Item