Uji Toksisitas Subakut Ekstrak Etanol Daun Sungkai (Peronema canescens Jack) Terhadap Parameter Darah pada Mencit Putih Jantan

Annisa, Trinanda Yuda (2022) Uji Toksisitas Subakut Ekstrak Etanol Daun Sungkai (Peronema canescens Jack) Terhadap Parameter Darah pada Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Daun sungkai (Peronema canescens Jack) merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan oleh masyarakat yang dipercaya memiliki banyak khasiat seperti obat demam, pilek, cacingan, malaria, dan imunostimulan. Semakin meningkatnya penggunaan daun sungkai oleh masyarakat, mendorong perlunya dilakukan penelitian untuk mengetahui keamanan daun sungkai, salah satunya dengan uji toksisitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun sungkai terhadap parameter darah. Parameter darah yang diamati yaitu eritrosit, leukosit, trombosit, hemoglobin, hematokrit, dan indeks eritrosit (MCV, MCH, dan MCHC). Penelitian ini menggunakan hewan uji mencit putih jantan sebanyak 36 ekor yang dibagi dalam 4 kelompok perlakuan, yaitu kelompok 1 sebagai kontrol negatif yang diberi suspensi Na CMC 0,5%, kelompok 2, 3, dan 4 yang diberikan sediaan uji ekstrak etanol dengan dosis 200 mg/kgbb, 400 mg/kgbb, dan 800 mg/kgbb secara oral yang diberikan satu kali sehari selama 7, 14, dan 21 hari. Pemeriksaan darah dilakukan pada hari ke-8, 15, dan 22 menggunakan alat hematology analyzer. Data hasil pemeriksaan dianalisis secara statistik dengan ANOVA dua arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun sungkai tidak memiliki pengaruh yang bermakna terhadap nilai eritrosit, trombosit, hemoglobin, hematokrit, dan indeks eritrosit (MCV, MCH, dan MCHC) pada hewan uji (p>0,05). Akan tetapi, variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun sungkai memiliki pengaruh yang bermakna terhadap nilai leukosit hewan uji (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun sungkai tidak menimbulkan efek toksik terhadap parameter darah pada mencit putih jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Elidahanum Husni, M.Si.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:41
Last Modified: 25 Aug 2022 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110031

Actions (login required)

View Item View Item