STUDI PENDAHULUAN PEMBENTUKAN DAN KARAKTERISASI NANOKOLAGEN DARI KULIT IKAN GABUS (Channa striata) DENGAN METODE DESOLVASI

Indri, Istiqomah (2022) STUDI PENDAHULUAN PEMBENTUKAN DAN KARAKTERISASI NANOKOLAGEN DARI KULIT IKAN GABUS (Channa striata) DENGAN METODE DESOLVASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Nanokolagen kulit ikan gabus diharapkan akan memperbaiki penetrasi kolagen melewati kulit saat pengaplikasiannya. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk nanokolagen kulit ikan gabus, karakterisasi kolagen dan nanokolagen, menentukan pengaruh rasio kolagen dengan etanol, waktu, serta kecepatan pengadukan terhadap ukuran partikel kolagen. Nanokolagen dibentuk menggunakan metode desolvasi dengan variasi rasio kolagen dan etanol (b/v) 1:1 dan 1:2, waktu pengadukan 15, 30, 60, 120 menit, serta kecepatan pengadukan 3000, 6000, 12000 rpm. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian sifat fisikokimia serta karakterisasi dari kolagen dan nanokolagen. Hasil karakterisasi kolagen setelah perlakuan dengan rasio penambahan kolagen dan etanol 1:2, selama 1 jam, dan kecepatan pengadukan 12000 rpm menunjukkan ukuran partikel terkecil yaitu 24,746 µm. Pada analisis morfologi terlihat kumparan acak yang menandakan sifat fibril kolagen dan tidak terjadi perubahan pada analisis gugus fungsi. Analisis termal menunjukkan penurunan puncak titik leleh dari hasil termogram, serta intensitas pola difraksi sinar-X yang masih menunjukkan ciri khas kolagen. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak terbentuk nanokolagen, melainkan hanya pengurangan ukuran partikel dalam skala mikrometer tanpa mengubah struktur triple helix kolagen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Rahmi Nofita R, M.Si
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:03
Last Modified: 25 Aug 2022 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109988

Actions (login required)

View Item View Item