ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. RASIDIN PADANG TAHUN 2015

M I S L I Z A, M I S L I Z A (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. RASIDIN PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501271413th_mizliza 1311316206.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu institusi yang fungsi utamanya adalah memberikan pelayanan kepada pasien. Pasien atau masyarakat melihat layanan kesehatan yang bermutu sebagai suatu layanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan yang dirasakannya (Pohan, 2007). Mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit sangat dipengaruhi oleh kualitas sarana fisik, jenis tenaga kesehatan yang tersedia, obat dan alat kesehatan, serta proses pemberian pelayanan (Triwibowo, 2013). Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan faktor-faktor tersebut dan berusaha untuk menilai apakah pelayanan yang diberikan tersebut sudah bermutu atau belum agar pelayanan yang diberikan merata dirasakan oleh pasien selaku konsumennya. Mutu dapat diukur melalui parameter subjektif, mutu dinilai melalui rasa puas pasien dan keluarganya dan melalui parameter objektif mutu dinilai dari proses perbaikan klinis penyakit dan tidak terjadi kesalahan dan proses pelayanannya. Baik secara subjektif maupun objektif dimensi mutu ini diukur melalui keselamatan pasien (safety), efisiesi (efficient), efektif (effective) tepat waktu (timeliness), berorientasi pada pasien (patient centred) dan keadilan (equity).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 18 Jun 2016 06:44
Last Modified: 18 Jun 2016 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item