Uji Aktivitas Imunomodulator Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) Terhadap IL-6 Pada Mencit Putih Jantan dengan Metode ELISA

Yulma, Herdalina (2022) Uji Aktivitas Imunomodulator Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) Terhadap IL-6 Pada Mencit Putih Jantan dengan Metode ELISA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB VPenutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Skripsi FullText)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) merupakan salah satu tanaman potensial sebagai imunomodulator alami dan diketahui mengandung senyawa utama gingerol. Senyawa yang bersifat sebagai imunomodulator mampu memodulasi sistem imunitas manusia dengan berperan menjaga kondisi homeostatis tubuh serta memperbaiki ketidakseimbangan sistem imun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi dosis pada ekstrak etanol jahe merah yang diinokulasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) sebagai secara in vivo dari serum hewan uji. Dalam penelitian ini digunakan 24 ekor mencit putih jantan yang terbagi atas 6 kelompok, yaitu kelompok kontrol negatif yang diberikan Na CMC 0,5%, kontrol positif yang hanya diberikan vaksin Pfizer, dan kelompok perlakuan uji diberikan ekstrak jahe merah diantaranya dosis 100 mg/kgBB; dosis 200 mg/kgBB; dosis 400 mg/kgBB, dan stimuno 50 mg/kgBB. Hewan percobaan pada kelompok kontrol positif dan kelompok perlakuan sebelumnya dilakukan induksi menggunakan vaksin Pfizer pada hari ke-0 secara intramuskular. Kemudian selama 14 hari kelompok perlakuan diberi sediaan uji ekstrak jahe merah secara per oral. selanjutnya pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui konsentrasi IL-6 dalam serum dengan metode Enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Hasil data penelitian kemudian dianalisis menggunakan Uji ANOVA satu arah dan uji lanjut Duncan. Hasil yang diperoleh bahwa variasi dosis 100 mg/kgBB; 200 mg/kgBB, dan 400 mg/kgBB berpengaruh nyata terhadap penurunan konsentrasi IL-6 (p<0,05). Dari hasil dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol jahe merah pada beberapa variasi dosis pengujian dapat menurunkan konsentrasi IL-6. Dosis 100 mg/kgBB memiliki penurunan konsentrasi IL-6 yang paling tinggi diantara kelompok uji ekstrak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Netty Suharti, MS
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:40
Last Modified: 24 Aug 2022 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109943

Actions (login required)

View Item View Item