Analisis Keragaman Genetik Tanaman Sagu (Metroxylon sago) Menggunakan Penanda RAPD Berdasarkan Isolasi Geografis Di Sumatera

Jupriadi, Jupriadi (2022) Analisis Keragaman Genetik Tanaman Sagu (Metroxylon sago) Menggunakan Penanda RAPD Berdasarkan Isolasi Geografis Di Sumatera. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5. Penutup.pdf

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman Sagu (Metroxylon sago) merupakan tanaman yang memiliki potensi dalam menunjang program ketahanan pangan. Tanaman ini tersebar di sebagian wilayah Indonesia yang salah satu wilayah persebaran sagu yaitu di Pulau Sumatera. Terdapat barrier geografis yang membatasi populasi sagu antara Kepulauan Mentawai, Pesisir Barat Sumatera, daerah bagian tengah Sumatera, dan Pesisir Timur Sumatera yang menyebabkan terjadinya diferensiasi genetik dan variasi genetik antar populasi. Dalam rangka melestarikan plasma nutfah tanaman ini telah dilakukan studi keragaman genetik dengan teknik penanda molekuler RAPD menggunakan lima primer pada populasi yang terisolasi secara geografis di Sumatera. Hasil keragaman genetik menunjukkan bahwa lima primer (P17, OPG02, OPAW05, P02 dan OPD08) mampu menghasilkan pita polimorfik dengan persentase pita polimorfik 100%. Nilai keragaman genetik intrapopulasi tergolong rendah (H = 0,0717-0,1054), namun populasi Tembilahan memiliki keragaman genetik lebih tinggi (H = 0,1054). Keragaman genetik interpopulasi tergolong rendah (Dst = 0,0986) dengan nilai diferensiasi genetik sedang (Gst = 0,5194) dan nilai aliran gen (gene flow) rendah (Nm = 0,4626). Analisis cluster genetik menunjukkan bahwa antara populasi Tembilahan dengan Padang Pariaman memiliki jarak genetik terjauh (0,2166). Pola distribusi individu Padang Pariaman cenderung berdekatan dibandingkan populasi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Mansyurdin MS.
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi genetik, Keragaman genetik, Metroxylon sago, RAPD
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:39
Last Modified: 23 Aug 2022 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109919

Actions (login required)

View Item View Item