Pengaruh Pemberian Minyak Maggot Black Soldier Fly (BSF) Hermetia illucens L. (Diptera : Stratiomyidae) Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Pada Mencit Putih (Mus musculus L.)

Yona, Afriani (2022) Pengaruh Pemberian Minyak Maggot Black Soldier Fly (BSF) Hermetia illucens L. (Diptera : Stratiomyidae) Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Pada Mencit Putih (Mus musculus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI YONA AFRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Luka sayat merupakan luka yang berbentuk garis yang beraturan yang ditandai dengan adanya tepi luka. Maggot BSF memiliki kandungan protein dan asam lemak yang tinggi sehingga diduga memiliki potensi dalam proses penyembuhan luka. Terdapat 4 fase dalam proses penyembuhan luka yaitu fase hemostasis, fase inflamasi, fase proliferasi, dan fase remodelling luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati morfologi dan persentase penyembuhan luka berdasarkan perubahan panjang luka, jumlah komponen leukosit, serta kandungan utama senyawa minyak maggot BSF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan 4 perlakuan, yaitu perlakuan kontrol (P0), perlakuan dengan povidon iodine 10% (P1), perlakuan dengan minyak maggot BSF satu kali sehari (P2), dan perlakuan dengan minyak maggot dua kali sehari (P3) selama 9 hari. Hasil penelitian ditemukan panjang luka terkecil pada perlakuan kontrol (P0) berdasarkan pengamatan morfologi dan persentase penyembuhan luka terbesar pada perlakuan dengan minyak maggot satu kali sehari (P2) sebesar 62%. Nilai komponen leukosit signifikan (p<0,05) pada jumlah limfosit hari ke-3 pada perlakuan dengan minyak maggot satu kali sehari (P2) berdasarkan uji statistik. Senyawa utama dengan kadar tertinggi Dihydroxyflavanone dari golongan flavonoid berdasarkan uji GCMS. Kesimpulannya, pemberian minyak maggot BSF memiliki kemampuan yang setara dengan pemberian obat komersil (povidon iodine 10%) terhadap penyembuhan luka sayat pada mencit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Resti Rahayu
Uncontrolled Keywords: Leukosit, panjang luka, persentase penyembuhan luka, povidon iodine 10%
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:55
Last Modified: 23 Aug 2022 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109905

Actions (login required)

View Item View Item